Universitas Teuku Umar Raih Gelar Kampus Terhijau di Aceh

Infokampus.news – Memiliki kepedulian yang tinggi terhadap lingkungan, Universitas Teuku Umar (UTU) menempati ranking ke-21 secara nasional sebagai kampus terhijau di Indonesia. Pemeringkatan ini dilaksanakan oleh UI GreenMetric 2018 dan diumumkan di Kampus Depok Universitas Indonesia (UI) Rabu (19/12/2018) lalu.

Selama Universitas Teuku Umar berstatus sebagai perguruan tinggi negeri (PTN), peringkat kampus peduli lingkungan ini sudah tiga kali diperoleh. Tahun 2016, UTU menduduki peringkat 24 sebagai kampus terhijau, dan berada pada urutan 366 kampus tingkat dunia. Tahun 2017, UTU berada pada posisi 23 kampus terhijau dari 58 universitas se-Indonesia dan peringkat 468 dari 619 universitas tingkat dunia. Sedang tahun 2018, UTU mendapat rangking ke 21 kampus terhijau dari 66 universitas se-Indonesia, dan menjadi peringkat ke 432 dari 719 universitas se-dunia.

Di acara ini, turut hadir pula Dr Muhammad Dimyati (Direktur Jenderal Penguatan Riset dan Pengembangan Kemenristekdikti RI), Dr Agus Justianto (Kepala Badan Litbang dan Inovasi Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI), beserta Prof Dr Muhammad Anis MMet (Rektor UI).

Baca Juga :  Hasil Uji Lab Keluar, Mahasiswa di Malang Positif Corona

Berdasarkan data dari UI GreenMetric 2018, terdapat 719 perguruan tinggi dari 81 negara yang ikut dalam pemeringkatan tersebut, dan 66 di antaranya berasal dari perguruan tinggi yang ada di Indonesia.

Menurut Prof Dr Riri Fitri Sari MM MSc yang menjadi ketua tim penilai UI GreenMetric ada 6 (enam) kriteria dan indikator dengan bobot tertentu dalam UI GreenMetric yang meliputi setting dan infrastruktur (18%), energi dan perubahan iklim (21%); sampah (15%); air (10%), transportasi (18%), dan pendidikan (18%).

Adapun perguruan tinggi yang mendapat peringkat pertama kampus terhijau tingkat dunia adalah Wageningen University & Research (Belanda). Peringkat selanjutnya secara berurutan diraih oleh University of Nottingham (Inggris), University of California Davis (Amerika Serikat), University of Oxford (Inggris) dan Nottingham Trent University (Inggris).

Sementara itu, secara nasional, ranking pertama kembali diduduki oleh Universitas Indonesia yang disusul oleh Institut Pertanian Bogor, Universitas Diponegoro, Institut Teknologi Sepuluh November, dan Universitas Negeri Semarang. Untuk kampus di luar Jawa, ranking pertama diraih Universitas Sumatera Utara, Universitas Riau, Univerditas Negeri Medan, Universitas Lampung, dan Universitas Teuku Umar.

Baca Juga :  Universitas Brawijaya Raih Ranking 300 Besar Dunia Versi QS World 2020

Prof Dr Jasman J Ma’ruf MBA selaku Rektor Universitas Teuku Umar (UTU) mengatakan bahwa ini merupakan tahun ketiga UTU masuk dalam 25 universitas yang paling peduli lingkungan di Indonesia. “Kita sangat bersyukur mendapatkan penghargaan tersebut, itu artinya UTU masuk dalam perhitungan sebagai kampus yang menjalankan komitmen pada kehidupan kampus yang ramah lingkungan (sustainability),” paparnya. (him)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *