UNMER, UB, UNAND Tandatangani MoU dengan LAN Untuk Terus Bina Analis Kebijakan Publik Kompeten

Infokampus.news, Malang – UNMER, UB, UNAND hari ini menandatangani MoU dengan LAN (Lembaga Administrasi Negara) untuk terus membina dan menghasilkan analis kebijakan publik yang kompeten. Hal ini dilatar belakangi karena saat ini Indonesia kekurangan policy maker yang kompeten di bidangnya.

Kurang kompeten dalam hal ini bisa berujung pada banyak kerugian yang ditimbulkan, terutama dalam keuangan negara.

“Lha kalau misal sama mahkamah satu undang-undang atau kebijakan itu dihapus, itu berapa milyar yang hilang?” ujar H. Rochmad effendy B.HSC., M.Sc, dekan FISIP UNMER sitemui di sela acara.

Satu Kebijakan Publik Bisa Tidak Cukup 1 Milyar, Sayang Jika Dibuang Percuma

Menurutnya, jika tidak ada pengamat kebijakan publik yang kompeten dalam menganalisa masalah hal ini akan terus berlanjut hingga di hari mendatang. Padahal kebutuhan untuk pembuatan satu kebijakan Dekan menyebutkan membutuhkan dana tidak kurang dari 1 milyar rupiah.

“Dana yang dibutuhkan itu banyak sekali ya satu kebijakan, kan ya sayang kalau dibuang percuma seperti itu.” tandas dia.

Untuk itu ia mengatakan pentingnya ilmu dalam menganalisa dan menghasilkan sebuah kebijakan perlu dilakukan sejak dini, mengingat kebutuhan analis kebijakan saat ini mencapai lebih dari 5000 orang. Untuk itu Universitas Merdeka Malang, Universitas Brawijaya Malang, dan Universitas Andalas bekerjasama dengan LAN untuk berkomitmen mencetak analis kebijakan publik yang benar-benar kompeten di bidangnya.

“Sesuai yang dikatakan oleh ketua LAN tadi bahwa kita butuh 6000 analis, sedangkan yang ada hanya 80 orang dan yang antri 140. Masih 5000 lebih kita butuh, untuk itu UNMER sebagai kampus swasta pertama menginisiasi adanya kegiatan ini di Malang.” Tandas dia. (Pus)

Berita Terkait

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Positif, Rutinitas Keagamaan Untuk Kebutuhan Emosional dan Spiritual Warga Kampus

Bangku perkuliahan tidak hanya mengajarkan tentang mata kuliah akademis, namun kebutuhan rohani dan keagamaan bagi setiap warga kampusnya juga sangat...

Close