UNS Jalin Kerjasama dengan Komnas HAM

Infokampus.news Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta mengelar kerjasama dengan Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM). Penandatanganan kerjasama dilakukan oleh Ketua Komnas HAM, Ahmad Taufan Damanik, MA dan Rektor UNS, Prof Ravik Karsidi di ruang Sidang 1 Gedung Pusat dr Prakosa UNS, Kamis (1/11/2018).

Rektor UNS, Prof Ravik Karsidi mengatakan untuk isi perjanjian kerjasama yaitu tentang pemajuan HAM melalui Tridharma Perguruan Tinggi.

“Tujuan kerjasama ini adalah guna terwujudnya penguatan, pelaksanaan, perlindungan dan penghormatan HAM serta untuk memperkuat sinergisitas hubungan kelembagaan antara kedua belah pihak melalui kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi,” terang Ravik.

Selama ini UNS memiliki komitmen dalam menegakkan HAM.  Kini UNS telah memiliki Pusat Penelitian dan Pengembangan Konstitusi dan HAM (P3KHAM). Tak hanya itu, UNS juga mengakomodir hak civitas akademika yang mengalami disabilitas. “Kami memiliki 25 mahasiswa yang difabel, dan UNS berusaha untuk memenuhi hak-hak mereka, misalnya dengan membuat fasilitas gedung perkuliahan yang ramah difabel. Dan UNS juga memiliki Pusat Studi Difabilitas (PSD),” imbuh Ravik.

Kemudian seluruh civitas akademika di UNS juga bisa menjalankan hak asasi nya dalam beragama dan menjalankan ibadah. “UNS merupakan kampus kawasan pengamalan pancasila yang memiliki lima tempat ibadah, bahkan dalam waktu dekat juga akan dibangun Klenteng meski yang beragama Khonghucu hanya 6 orang namun ini sudah menjadi hak mereka yaitu bisa beribadah di dalam kampus,” imbuh orang nomor satu di UNS ini.

Sementara itu, Ketua Komnas HAM, Ahmad Taufan Damanik mengatakan bahwa kerjasama dengan perguruan tinggi ini merupakan program yang sangat strategis. “Semoga kerjasama antara Komnas HAM dengan UNS ini bisa saling memberikan manfaat kepada kedua belah pihak,” katanya. (Jul) 

Berita Terkait

  • Infokampus.news – Sekolompok mahasiswa dari program studi PPKN Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta mengajukan sebuah langkah cerdas untuk menangkal radikalisme di kalangan mahasiswa dengan mengoptimalkan peran aplikasi getar media melalui komunitas pancasila. Mahasiswa yang terdiri dari Arin Wahyuni, Ratih Nur Indah Sari dan Mela Fitria Wahyuningsih berpendapat mahasiswa sering menjadi sasaran empuk radikalisme lantaran sangat familiar dengan dunia maya, sementara dunia maya merupakan tempat penyebaran paham-paham yang masif oleh kelompok…
  • Infokampus.news – Tim Fakultas Kedokteran Universitas Jenderal Soedirman (UNSOED) melaksanakan pengabdian masyarakat melalui Sosialisasi untuk gencarkan program ASI di Balai Desa Karangnanas Sokaraja, Banyumas Sabtu (18/8) lalu. Acara ini merupakan rangkaian Dies Natalis Fakultas Kedokteran Unsoed, program kali ini dengan tema  “Manajemen Laktasi untuk Ibu Hamil dan Ibu Mneyusui Sebagai Upaya Optimalisasi Tumbuh Kembang Anak”. Dr.dr.Qodri Santosa, Msi., Med., SpA menyampaikan pentingnya dukungan keluarga terutama suami dalam upaya mencapai keberhasilan menyusui.…
  • Infokampus.news – Berdasarkan laporan KKN 2017, pernah ditemukan adanya kasus kesalahan swamedikasi penggunaan antibiotik dengan upaya pengobatan yang dilakukan oleh pasien sendiri. Hal ini membuat mahasiswa Farmasi UNS Solo Sosialisasikan cara cerdas gunakan obat di desa Sendang, Purwantoror, Wonogiri. Empat mahasiswa S1 Farmasi Universitas Sebelas Maret (UNS) yaitu Qisty Aulia Khoiry, Fathya Ulfa, Wening Wulandari, dan Muthia Syafira di bawah bimbingan dosen Heru Sasongko, S.Farm., M,Sc., Apt., melakukan inisiasi kader…

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Read previous post:
Prestasi Emas Ju Jitsu
Mahasiswa UIN Maliki Malang Raih Prestasi Emas Ju Jitsu

Infokampus.news - Prestasi seolah tak pernah redup di kalangan mahasiswa UIN Malang. Damar Adyun Muhammad mahasiswa Jurusan Teknik Informatika berhasil meraih

Close