UNS, Universitas Terbaik di Surakarta

Universitas Sebelas Maret Surakarta biasa disingkat sebagai UNS, atau Universitas Sebelas Maret adalah salah satu universitas negeri di Indonesia yang berada di Kota Surakarta. Universitas yang giat membangun ini, menyediakan berbagai paket pendidikan diploma, sarjana, pascasarjana, dan doktoral.

Sekarang ini, UNS merupakan universitas muda dengan pertumbuhan yang luar biasa. Dengan berbagai potensi yang ada, misal seperti dokter bedah kulit dengan reputasi nasional (Fakultas Kedokteran), penemuan starbio dan padi tahan garam (Fakultas Pertanian), dan beberapa kemajuan yang terjadi di setiap fakultas dan unit-unit kerja lainnya.

UNS juga melakukan langkah maju dalam perkembangan teknologi informasi. Dengan ekspansi jaringan teknologi informasi yang lebih besar lagi, Pusat Komputer UNS Solo membuat torehan sejarah UNS dalam buku kemajuan dan perkembangan UNS.

Torehan-torehan sejarah yang lebih mengesankan lainnya akan terjadi seiring dengan pertumbuhan dan perkembangan universitas ini. Pada peringatan Dies Natalis ke-37 pada tahun 2013 UNS telah mendukung gerakan global yaitu apa yang dinamakan dengan Go Green.

Momentum untuk menunjukkan tekad itu adalah dengan dicanangkannya Gerakan UNS Green Campus (GC) oleh Menteri Lingkungan Hidup, Balthasar Kambuaya, pada 6 Maret 2013, dengan penanaman pohon secara simbolis di halaman depan kampus UNS. Rencananya , UNS akan dijadikan pilot project untuk program penghijauan kampus ini.

Apa prestasi yang sudah ditoreh UNS?

Perpaduan antara hasil publikasi karya ilmiah dosen di jurnal internasional dengan penguatan TIK berdampak langsung terhadap pengakuan ranking institusi UNS berupa, antara lain:

  1. Peringkat 691 dunia atau peringkat 5 Indonesia menurut versi 4 International Colleges and Universities (4ICU).
  2. Peringkat 367 dunia atau 6 Indonesia dalam ranking web of repositories atau peringkat 1.223 dunia atau peringkat 6 Indonesia dalam versi pemeringkatan webometric ranking web of universities.

Beberapa bukti bahwa UNS telah dikelola secara baik dan benar dengan beberapa perolehan prestasi gemilang, antara lain adalah:

  1. Akreditasi Unggul (A) dengan “nilai terbaik ketiga” untuk Akreditasi Institusi Perguruan Tinggi (AIPT) yang diberikan oleh Badan Akreditasi Nasional PT.
  2. Opini “Wajar Tanpa Pengecualian (WTP)” dari Badan Pemeriksa Keuangan RI selama 5 tahun berturut-turut. UNS dengan pengelolaan PK-BLU berupaya untuk menerapkan kaidah-kaidah good governance dan clean governance melalui kebijakan remunerasi.
  3. Peringkat 155 dunia atau 8 Indonesia sebagai “Green Campus” versi UI GreenMetric.
  4. Sertifikasi ISO 9001-2008 untuk layanan administrasi di semua layanan administrasi UNS.
  5. Proyek Pinjaman Hibah Luar Negeri/ Loan untuk Pengembangan Rumah Sakit Pendidikan UNS, yang dibiayai dari Islamic Development Bank (IDB) dan Saudi Fund Development (SFD) dengan total anggaran lebih dari Rp. 400 Milyar Rupiah.
  6. Memperoleh pengakuan Ditjen Dikti dalam pemeringkatan “Student Performmatrics” sebagai ranking 2 PTN se Indonesia. Pemeringkatan tersebut didasarkan pada akumulasi prestasi mahasiswa di berbagai kegiatan bidang ko dan ekstra kurikuler. Prestasi ini merupakan pengakuan bahwa Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) di UNS telah dikelola secara sehat.
Terus berapa biaya pendidikannya?

UKT Universitas Sebelas Maret (UNS) sejatinya terbagi menjadi 5 kelompok berdasarkan Permendikbud No 55 Tahun 2013 yang besarannya disesuaikan dengan penghasilan orang tua. 5 kelompok itu didasarkan pada mahasiswa sesuai dengan tingkat kemampuan finansialnya. Kategori terendah UKT di UNDIP berkisar mulai dari Rp 0 hingga Rp 500 ribu per semester.

Apa saja program studi dan berapa passing grade di UNS?

Setap Universitas mempunyai kebijakan sendiri dalam menentukan besaran passing grade untuk program study-nya. Berikut rinciannya:

Jurusan Saintek (IPA): Lihat disini

Jurusan Soshum (IPS & Bahasa): Lihat disini

Kamu ingin melanjutkan studi ke kota Surakarta? UNS adalah pilihan yang tepat guys! Yang terpenting sekarang adalah bagaimana kamu bisa mewujudkan itu semua. Dengan apa? Belajar agar dapat lolos di seleksi masuk perguruan tinggi, pastinya. Semangat! (AB)

 

Sumber: Dikutip dari beberapa sumber

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Read previous post:
Mahasiswa Dalam Era MEA
Peran Mahasiswa Dalam Era Mea

Tidak terasa sudah Bulan Februari, dimana lebih dari sebulan sejak MEA diberlakukan dari 1 Januari 2016. Ada sebagian orang yang...

Close