Melalui SMAR WELCO, UNY Capai Target Masuk 5 Besar di Pimnas 2018

Infokampus.news – Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) bukan hanya sukses dalam penyelenggaraan pekan ilmiah remaja (Pimnas) ke-31 tahun 2018, namun kali ini UNY juga menorehkan prestasi. Terbukti dari 15 tim kreatif mahasiswa yang lolos seleksi Pimnas berhasil memperoleh 9 medali diantaranyar 3 medali emas, 4 medali perak dan 2 medali perunggu. Atas keberhasilannya UNY meraih peringkat 5 dalam ajang Pimnas tersebut.

Salah satu tim kreatif, berangkat darii permasalahan utama yang dihapadai oleh UPT pengembangan Budidaya dan Pemasaran Perikanan Kabupaten Sleman adalah pengontrolan kadar oksigen air tambah sehingga menyebabkan waktu panen yang lebih lama serta banyak ikan mati antara 50-80 ekor dalam satu kali masa panen karena kurang suplai oksigen.

Hal ini membuat mahasiswa UNY yakni Bagas Woro Saputram Aqid Dwi Darmawan, Istiqomah Ayu Mustika, Muhammad Ridwan Sya’bani dan Annisa Nofita wulandari dibawah bimbingan Ariadie Chandra, M.T. mengembangkan SMAR WELCO (Smart Water Wheel Controller), inovasi ini merupakan teknologi kincir air listrik otomatis menggunakan sistem logika fuzzy dengan sensor cahaya sinar matahari dan sensor suhu sebagai pengontrolnya.

Menurut Bagas Woro Saputra, ketua tim inovasi yang telah mendapat raihan medali eprak presentasi dan perunggu poster dalam Pimnas 31 ini memudahkan pembudidaya dalam menyuplai kadar oksigen pada tambak untuk mengoptimalkan hasil budidaya ikan dengtan mengurangi jumlah ikan yang mati sebeum dipanen selain itu sistem kontrol ini akan menghemat listrik yang dibutuhkan.

Rektor UNY, Sutrisna Wibawa mengatakan apa yang diraih mahasiswa UNY ini tidak terlepas dari kerja keras mereka dan pembimbing, namun begitu tetap emminta mahasiswa dan pembimbing tidak berpuas diri, justru sebaliknya harus terus mengembangkan kreativitas dan inovasi yang dapat berguna dalam kehidupan masyarakat.

Wakil Rektor III UNY, Sumaryanto menambahkan peringkat UNY tahun ini meningkat dibandingkan tahun lali. Pimnas tahun lalu yang diselenggarakan di Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar, UNY rangking 10 dan tahun ini sudah meraih 5 besar di Pimnas ke-31.

Menjadi peringkat 5 besar tentunya merupakan kebanggan tersendiri bagi kontingen UNY. Dalam konferensi pers yang digelar senin (27/8), Sutrisna Wibawa, Rektor UNY berharap banyak dan optimis UNY masuk 5 besar dan menjadi tuan rumah yang baik dalam penyelenggaraan PIMNAS 31. (Jul)

 

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Read previous post:
Para Mahasiswa UNIKAMA Ini Ubah Pola Tanam Petani Gunakan Pupuk PGPR

Pupuk PGPR adalah bakteri pemacu pertumbuhan tanaman. Bakteri yang terdapat dalam PGPR adalah sejenis bakteri yang biasa hidup di akar...

Close