Upayakan Peningkatan Skill dalam Bernyanyi, Swara Narwatu dan STIKI Adakan seminar “Healty Vocal Technique”

Infokampus.news- Berangkat dari kepedulian dan keprihatinan akan kurangnya pengetahuan dalam teknik menyanyi yang benar, Diyah Ardianingsih (pemilik Swara Narwastu School of Music) selenggarakan acara seminar dan master class di Sekolah Tinggi Informatika & Komputer Indonesia (STIKI) Malang pada hari Kamis, 8 Agustus 2019 lalu.

Acara ini dimulai dengan kegiatan privat yang memang hanya diperuntukkan peserta khusus saja. Disini peserta khusus yang berjumlah tiga orang akan dilatih secara langsung mengenai bagaimana teknik menyanyi yang benar. Kemudian pukul 15.00 dibuka kegiatan master class dimana peserta tidak terbatas seperti pada kegiatan privat, namun memang ada pengkategorisasian peserta. Peserta yang mengikuti master class dikategorisasikan menjadi dua, yakni peserta aktif dan peserta pasif.

Untuk kegiatan seminar sendiri dibuka pukul 19.00 WIB. Seminar yang mengusung tema “Healty Vocal Technique” ini disampaikan oleh Professor Katherine Ciesinki dari USA dan membahas tentang bagaimana seorang penyanyi dapat memiliki kerampilan dan teknik yang benar agar pita suaranya tidak rusak. Banyak Peserta yang berpartisipasi dalam acara ini datang dari berbagai kalangan, ada yang dari STIKI, UB, UM dan pelatih-pelatih vokal lainnya.

Baca Juga :  Tingkatkan Rasa Peduli Dengan Dunia Luar, STIKI Gelar Seminar Internasional

“Selaras dengan visi misi dari sekolah musik Swara Narwastu yang ingin  mengembangkan dunia olah vokal, supaya  penyanyi-penyanyi di Malang, bahkan di Jawa Timur dapat memiliki keterampilan yang lebih dalam hal teknis, karena keprihatinan yang kami rasakan, banyak sekali penyanyi, mungkin guru vokal atau guru paduan suara atau guru kesenian di sekolah-sekolah mereka masih belum memahami teknik-teknik dalam bernyanyi. Hal ini mungkin dikarenakan kurangnya pengetahuan atau kurangnya minat.” Ujar Diyah.

Diyah juga menambahkan bahwa memang di kota-kota lain seperti Bandung dan Surabaya acara-acara seperti ini banyak diminati. Namun sayangnya di Malang sendiri acara seperti ini masih sepi peminat dan seringkali dianggap tidak penting. Dengan adanya acara ini diharapkan kita bisa berkembang lagi  dan bisa meningkatkan skill bernyanyi dari para penyanyi dan bisa menembangkan dan memang khususnya musik klasik dan popular song pada umumnya. (Sil)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *