Tips Memulai Usaha Coffee Shop Ala Satya Sandida, Owner Nomaden Coffee Malang

Infokampus.news – Keberadaan Nomaden Coffee Malang merupakan salah satu pertanda dari fenomena bisnis coffee shop yang makin menjamur belakangan ini. Tak terkecuali kota Malang yang tiap tahunnya dibanjiri ribuan perantau guna menuntut ilmu. Mengingat mahasiswa yang lekat kaitannya dengan kopi membuat bisnis coffee shop semakin menggiurkan bagi para entrepreneur muda.

Namun untuk membangun bisnis coffee shop perlu dilakukan dengan hati-hati. Sebabnya walaupun kopi adalah minuman yang tak lekang oleh zaman, namun tetap saja memerlukan konsep yang matang serta strategi yang tepat guna menghindari demam bisnis one hit wonder yang kerap menghantui para entrepreneur muda.

Berikut adalah kiat mengawali dan mengelola bisnis coffee shop ala Satya Sandida selaku owner dari Nomaden Coffee. Mari kita pantau!

Bisnis Coffee Shop Ala Owner Nomaden Coffee Malang
1. Jangan terlalu banyak berpikir

Jangan terlalu banyak berpikir

Ini yang seringkali menghinggapi para enterpreneur muda sebelum memulai usahanya. Mereka kerap memikirkan ini itu hingga detail agar terlihat matang namun tidak ada realisasi dari konsep yang telah dirancang. Maka dari itu, berpikir secukupnya dan matangkan rencana sembari jalan.

2. Jangan berpikir untuk sekadar “keren-kerenan”

Jangan berpikir untuk sekedar keren-kerenan

Ya, inilah yang paling sering terjadi. Memulai bisnis hanya agar dibilang keren tanpa menguasai apa yang dikelolanya justru akan menjadi bumerang sendiri. Menurut Satya, jika memulai bisnis hanya sekadar untuk “keren-kerenan” lebih baik mundur saja.

3. Utamakan sebagai bisnis jangka panjang

Utamakan sebagai bisnis jangka panjang

Alasan Satya memilih kopi karena kopi adalah komoditas yang tak lekang oleh waktu. Berbisnis perlu mempertimbangkan produk yang tidak hanya numpang lewat, tapi juga tidak termakan zaman.

4. Berminat pada produknya sendiri

Berminat pada produknya sendiri

Ini penting! Terkadang banyak calon pengusaha yang ingin bisnis ini-itu tapi tidak menyukainya. Jika takut ikan jangan berbisnis pembibitan lele. Jika jijik dengan lumpur jangan bertani. Jika tidak suka minum kopi jangan jadi peracik kopi. Apalagi bisnis kopi. Semudah itu, teman!

5. Belajar menguasai alat produksi sesederhana apapun

Belajar menguasai alat produksi sesimpel apapun

Bagi Satya, mempelajari alat-alat mengolah kopi adalah kunci untuk menguasai dan menciptakan kopi yang nikmat. Jika tidak dikuasai, maka kita tidak bisa menjadi quality control dari produk kita sendiri.

6. Enggak harus modal besar

Nggak harus modal besar

Dan yang sering menjadi permasalahan dalam memulai bisnis tentu saja adalah modal. Modal itu penting, tapi jangan terpaku bahwa kamu harus butuh modal yang besar. Gunakanlah kreativitas untuk menutupi kekurangan modal tersebut. Seperti halnya Satya yang memulai usahanya dengan berkeliling naik sepeda.

Itu tadi adalah kiat membuka usaha ala Satya Sandida, pemilik Nomaden Coffee di Malang. Semoga bermanfaat! (sig)

Berita Terkait

ADV-728_x_90

sig

sosiopat-satiris

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Read previous post:
Bercengkerama Bersama Satya Sandida, Pemilik Kedai Nomaden Coffee Malang
Bercengkerama Bersama Satya Sandida, Pemilik Kedai Nomaden Coffee Malang

Melihat trend tersebut mendorong beberapa orang untuk membuka usaha coffee shop. Salah satunya adalah Satya Sandida, pemilik kedai Nomaden Coffee...

Close