Usia 15 Tahun, Wijaya Menjadi Mahasiswa Baru Fakultas Teknik UGM

Infokampus.news – Nur Wijaya Kusuma atau yang akrab dipanggil dengan nama Wijaya merupakan mahasiswa baru alias maba termuda di Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta pada tahun ajaran 2018/2019.

Berbekal arahan pada saat PAUD bahwa kalau lulus sekolah muda itu enak, segalanya bisa di percepat hal inilah yang memutuskan Wijaya mengambil percepatan pendidikan dari jenjang SD sampai SMA. Sewaktu SD dia mengambil program akselerasi lima tahun, SMP akselerasi dua tahun, dan SMA mengambil program sistem kredit semester (2 tahun).

“SD saya di SD 16 Surakarta, SMP-nya di SMP 9 Surakarta dua tahun, SMA-nya di SMA 3 ikutnya program SKS empat semester. Karena kemarin program akselerasi sudah ditutup digantikan program empat semester. Ya akhirnya masuk UGM ini berusia 15 tahun,” Jelasnya.

Wijaya merupakan anak tunggal pasangan Sapta Kusuma Brata dan Uswatun Khasanah, Warga Surakarta, Jawa Tengah. Kedua orangtuanya adalah seorang guru. Sementara ayahnya juga pernah mengenyam pendidikan di UGM Yogyakarta jurusan teknik nuklir.

Seusai lulus SMA, awalnya Wijaya kebingunan mau melanjutkan pendidikan di pergruan tinggi mana. Namun kala itu, ayahnya menyarankan dia kuliah di UGM. Karena ayahnya yakin dan tahu betul dengan kualitas universitas di Bulaksumur tersebut.

Wijaya membulatkan tekat mengambil jalur SNMPTN dnegan pilihan Departemen Teknik Elektro di Fakultas Teknik UGM. Ternyata lewat jalur tersebut dia dinyatakan diterima dan kini dia menjadi mahasiswa baru termuda di UGM Yogyakarta.

“kenapa mengambil teknik Elektro karena kalau ngambil listrik bayangannya untuk zaman sekarang apa-apa butuh listrik kan. Jadi mungkin cari kerja cari apapun itu lebih simpel, lebih mduah dapatnya.” Ungkap Wijaya.

Meski tercatat sebagai mahasiswa baru termuda, Wijaya tak mau bersantai-santai dalam emnempuh pendidikan di UGM. Dia menarget bisa menyelesaikan pendidikannya di Departemen Teknik Elektro tiga tahun atau saat usianya baru menginjak 18 tahun.

Adapun Seuasi lulus dari fakultas Teknik UGM, Wijaya masih ingin melanjutkan studinya lagi. Keputusannya tersebut didukung penuh kedua orangtuanya. Karena kedua orangtuanya tak ingin wijaya bekerja saat usianya masih muda. (jul)

Berita Terkait

  • Infokampus.news – Sebelum bertolak ke Bali untuk meresmikan patung raksasa Garuda Wisnu Kencana (GWK), Presiden Joko Widodo atau biasa disapa Jokowi menyempatkan diri menghadiri acara reuni alumni Universitas Gadjah mada (UGM) di Jakarta Convention Center (JCC) Sabtu (23/9). “Mengenang kembali masa-masa di kampus tentang teman-teman yang berutang makanan di SGPC, warung sego pecel Bu Wiryo dan baru  melunasinya setelah lulus dan bekerja” ungkap Presiden yang pda saat itu mengenakan pakaian…
  • Infokampus.news – Seakan turut merasakan duka saudara kita yang menjadi korban gempa di Lombok, Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta bersama Kagamacare berhasil membernahi saluran air yang rusak akibat gempa di Gumantar Kahyangan Lombok Utara. Kebutuhan air bersih merupakan salah satu hal yang cukup vital pasca gempa bumi yang melanda Lombok, salah satunya yang terjadi di Gumantar, Kahyangan, Lombok Utara. Pasca gempa bumi yang eprtama aliran air bersih di lokasi tersebut…
  • Infokampus.news - Berawal dari ketakutan pada matematika dan kerisauan akan budaya yang semakin terkikis, tiga mahasiswa Universitas Negeri Malang (UM) rampung menyelesaikan VOC-Games (20/6), yaitu media pembelajaran matematika berbudaya berbasis teknologi augmented reality. Mereka adalah Binti Isti’towatul Isti’aroh, yang popular disapa Binti, mahasiswa Jurusan Pendidikan Luar Sekolah, Zainur Ridho Wahyu alias Wahyu, Jurusan Ilmu Kesehatan Masyarakat dan Fitrah Izul Falaq, alias Izul, Jurusan Teknologi Pendidikan. Berdasarkan penuturan ketua tim, VOC-Games…

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Read previous post:
Keunggulan Kampus STIKI
Cetak Lulusan Terbaik, Berikut Ini Keunggulan Kampus STIKI yang Perlu Kamu Tahu

Infokampus.news -  Sekolah Tinggi Informatika dan Komputer Indonesia (STIKI) Malang merupakan perguruan tinggi di bidang informatika dan komputer pertama di

Close