Usung 5 Tokoh Topeng Malangan, ‘Tokoh Ksatria Keren, Tapi Sayang Sudah Dilupakan’

Infokampus.news, Malang – Salah satu stand yang dipamerkan dalam acara MidFest UB 2017 beberapa waktu lalu adalah game berjudul ‘Cula Adventures’ yang dirilis oleh Novia Cahya Andini mahasiswi jurusan Desain Grafis Pendidikan Vokasi UB . Mahasiswi semester 7 ini merilis game yang menceritakan tentang 5 tokoh ksatria dalam tarian Topeng Malangan yang sudah mulai dilupakan pemuda saat ini.

“Jadi saya ambil 5 tokoh dalam pewayangan yaitu Panji Asmarabangun, Dewi Sekartaji, Dewi Ragil Kuning, Bapang Jayasentika, Lembu Amijaya. Mereka ini ksatria keren tapi sudah mulai dilupakan,” ujarnya pada tim infokampus.news.

Game yang menceritakan tentang penyelamatan kembali topeng malang yang telah direbut oleh suku bertopeng oleh 5 ksatria ini diharapkan oleh Novita menjadi salah satu alat bangkitanya budaya Topeng Malangan. Ia mengeluhkan banyaknya pemuda yang saat ini sudah mulai melupakan tokoh-tokoh dalam pewayangan dan lebih hafal tokoh superhero luar negeri daripada milik negara sendiri.

“Mereka ini keren dan kita harus bangga punya tokoh-tokoh seperti mereka, maka dari itu saya ingin angkat 5 tokoh ini,” tambahnya.

Kenalkan dan Bangun Kembali Budaya Bangsa

Dengan mengangkat 5 tokoh pewayangan ini ia berharap bisa mengenalkan dan juga mengangkat kembali budaya bangsa dengan kemasan yang lebih modern yaitu games digital.

“Saya ingin masyarakat khususnya muda-mudi agar lebih mengenal budaya mereka sendiri disamping budaya luar, kalau bukan kita sendiri yang melestarikan lalu siapa lagi?” tuturnya.

Games yang ia buat ini sudah bisa diunduh di Google Playstore sejak beberapa waktu silam, ia berharap games ini tidak hanya diminati oleh masyarakat Indonesia saja, namun juga masyarakat Internasional. Ia juga ingin mengenalkan budaya bangsa lewat aplikasi ini di kancah internasional.

“Sudah bisa didownload di Google Playstore, semoga semua elemen masyarakat bisa lebih mengenal budaya kita yang baik ini,” pungkasnya. (Pus)

Berita Terkait

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Art Exhibition 2017, ‘Reuni dan Sharing Ilmu Satu Paket’

Acara Art Exhibition 2017 with Kedai Wak Edoy yang resmi ditutup hari ini memberikan kesan tersendiri bagi panitia inti

Close