UTBK 2022 Dimulai Hari Ini, Cek Alur Pelaksanaan serta Dokumen yang Wajib Dibawa

Infokampus.news, Nasional– UTBK 2022 atau Ujian Tulis Bersama Berbasis Komputer dimulai pada hari ini, Selasa (17/05/2022). Sebanyak 800.852 orang akan mengikuti ujian ini di 74 pusat yang tersebar di seluruh Indonesia.

Pelaksanaan UTBK 2022 dilakukan dalam dua geombang. Gelombang pertama dilaksanakan pada 17 sampai 23 Mei 2022. Sedangkan gelombang kedua akan dilaksanakan pada 28 Mei hingga 3 Juni 2022.

UTBK 2022 sendiri merupakan tes masuk perguruan tinggi yang penyelenggaranya Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT). Dalam pelaksanaan UTBK, nilai yang diperoleh dai ujian ini dipakai untuk masuk perguruan tinggi negeri.

Meski demikian, ada sejumlah perguruan tinggi swasa ataupun sejumah perguruan tinggi lainnya yang juga menggunakan nilai UTBK 2022 sebagai syarat tes masuk perguruan tersebut. Lantas, bagaimana aturan serta alur pelaksanaan tes UTBK tahun ini?

Pelaksanaan UTBK 2022

Dilansir dari LTMPT berikut alur pelaksanaan saat menjalani tes UTBK 2022, dokumen yang harus dibawa hingga ketentuan berpakaian bagi peserta:

  • Pastikan untuk sampai di lokasi ujian 45 menit sebelum sesi ujian dimulai dan jangan terlambat.
  • Berpakaian rapi dan sopan serta bersepatu.
  • Sudah makan dan minum.
  • Bawa seluruh dokumen yang disyaratkan.
  • Pastikan mengunakan masker (wajib), face shield (dianjurkan) dan sarung tangan (jika diinginkan).
  • Dokumen untuk UTBK 2022

Peserta ujian diwajibkan membawa dokumen-dokumen yang diperlukan agar proses pelaksanaan UTBK ini dapat berjalan lancar. Nah, apa saja dokumen yang wajib dibawa oleh peserta? Berikut ulasannya:

  • Kartu Peserta UTBK 2022.
  • Kartu identitas (kartu siswa/KTP/paspor).
  • Surat keterangan lulus asli bagi peserta angkatan 2022 (jika belum memiliki SKL, dapat membawa surat keterangan kelas 12).
  • Fotokopi ijazah yang telah dilegalisasi (bagi angkatan 2020 dan 2021), bagi lulusan SMA sederajat dari luar negeri harus memiliki ijazah yang sudah disetarakan.
  • Adapun dokumen yang wajib dibawa oleh peserta UTBK 2022 bisa diketahui atau dilihat bagi peserta yang sudah mencetak kartu ujian saat melakukan konfirmasi akhir (simpan permanen pendaftaran UTBK-SBMPTN) dan cetak Kartu Peserta.
Alur Pelaksanaan

Adapun alur pelaksanaan UTBK tahun ini. Alur pelaksanaan ini berkaitan dengan peserta ketika baru datang ke lokasi ujian kemduain saat berada di ruang ujian. Panduan di bawah ini juga dapat memudahkan peserta agar tidak kebingungan saat berada di lokasi ujian. Berikut panduannya:

  1. Segeralah menuju ke gedung atau ruang lokasi ujian. Pusat UTBK PTN menyediakan ruang tunggu untuk peserta UTBK.
  2. Apabila diantar, pastikan turun di area drop zone terdekat dengan gedung atau ruang lokasi ujian.
  3. Ikuti prosedur protokol kesehatan pencegahan Covid-19 yang dilakukan Panitia Pusat UTBK PTN. Mulai dari memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak.
  4. Silakan menuju ruang ujian dengan tertib dan tetap menjaga protokol kesehatan pencegahan Covid-19 diinstruksikan oleh Pengawas Ruang.
  5. Siapkan dokumen di atas meja untuk diverifikasi oleh pengawas (benda lain yang tidak diperlukan harus masuk ke dalam tas dan diletakkan di tempat yang disiapkan)
  6. Ikuti instruksi pengawas, seperti kapan harus loh in, latihan soal, dan patuhi tata tertib ujian.
  7. Setelah masuk ruang ujian, dilarang berbicara dengan peserta lain dengan alasan apapun.
  8. Kerjakan ujian sesuai petunjuk dan tetap ikuti protokol kesehatan pencegahan Covid-19. Jadi, tetap menggunakan masker.
  9. Sebelum waktu ujian selesai, tidak diperkenankan untuk keluar ruangan. Jika ada pertanyaan (bukan materi soal ujian) maka sampaikan ke pengawas dengan cara mengacungkan tangan.
  10. Apabila waktu ujian sudah selesai, tetap duduk sampai dipersilahkan ke luar ruang oleh pengawas.
Protokol Kesehatan UTBK

Adapun protokol kesehatan yang harus dippeuhi saat pelaksanaan UTBK. Meski kasus Covd-19 sudah terbilang menurun drastis namun, aturan terkait protokol kesehatan ini harus tetap ditaati. Berikut aturannya:

  • Pengecekan suhu
  • Apabila peserta melebihi ketentuan dari protokol Covid-19 (37.5 derajat celsius) tidak diperkenankan mengikuti ujian dan dipersilakan menuju ruangan khusus untuk diperiksa lebih lanjut oleh tim medis.
  • Menjaga jarak minimal 1-1,5 meter.
  • Selalu menggunakan masker dan memakai handsanitizer.

Nah, itulah ulasan mengenai UTBK yang dilaksanaka tahun ini. Ada sejumlah aturan serta dokumen apa saja yang wajib dibawa oleh peserta ujian. Ada pula alur pelaksanaan ujian yang bisa dijadikan panduan agar peserta tidak bingung saat berada di lokasi ujian.

Jangan lupa untuk peserta UTBK yang hendak mengikuti ujian agar mempersiapkan diri sebaik mungkin. Pastikan, untuk datang lebh awal sebelum waktu ujian, mengisi perut agar tidak sakit ketika ujian dan berdoa serta melakukan usaha semaksimal mungkin.

Leave a Reply

Your email address will not be published.