UTBK SBMPTN 2019 Gelombang Kedua dibuka Hari ini, Simak Prosedur Pendaftarannya

Infokampus.news – Pendaftaran Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) Gelombang II dibuka hari ini, Senin (25/3) pukul 10.00 WIB di Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT). Sedangkan untuk Pendaftaran UTBK gelombang I sudah ditutup pada Minggu (24/3) malam.

Setelah pengumuman SNMPTN pekan lalu, disusul penutupan pendaftaran UTBK gelombang I.Jadwal pendaftaran UTBK 2019 ini menjadi syarat pendaftaran SBMPTN. Panitia menyelenggarakan dua kali sesi UTBK, yaitu gelombang I dan II.

Ujian Tulis Berbasis Komputer atau UTBK adalah salah satu syarat untuk mendaftar Seleksi Bersama Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2019. Bagi yang tak sempat mendaftar gelombang pertama, bersiap-siaplah untuk mendaftar UTBK di gelombang kedua, Senin (25/3/2019) mulai pukul 10.00 WIB, sebagai syarat pendaftaran SBMPTN, nantinya Nilai UTBK digunakan oleh siswa untuk mendaftar di perguruan tinggi.

Ketua Pelaksana Eksekutif Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) menjelaskan di pengumumannya, pendaftaran UTBK gelombang kedua. melalui laman resmi LTMPT, berikut adalah cara untuk mendaftar UTBK gelombang kedua:

1. Mendaftar melalui laman https://pendaftaran-utbk.sbmptn.ac.id menggunakan NISN dan NPSN untuk mendapatkan username dan password.

Baca Juga :  Kampus Unikama Bakal Terima 2000 Mahasiswa Baru di Tahun 2022

2. Mengunggah pas foto berwarna terbaru, mengisi data, memilih jenis dan sesi ujian, serta lokasi Pusat UTBK PTN untuk mendapatkan slip pembayaran UTBK.

3. Membayar di Bank Mandiri, Bank BNI, atau Bank BTN menggunakan slip pembayaran kecuali bagi pendaftar Bidikmisi paling lambat 1×24 jam.

4. Biaya mendaftar sebesar Rp 200.000 untuk setiap mengikuti tes dan tidak dapat ditarik lagi dengan alasan apapun. Untuk calon peserta Bidikmisi yang dinyatakan lolos persyaratan tidak dipungut biaya.

4. Melakukan login ke laman pendaftaran di https://pendaftaran-utbk.sbmptn.ac.id untuk mencetak kartu peserta UTBK.

5. Mengikuti UTBK sesuai dengan hari, tanggal, sesi, dan lokasi Pusat UTBK PTN yang dipilih.

Pelaksanaan UTBK untuk peserta pendaftar gelombang pertama dilaksanakan pada 13 April – 4 Mei 2019, sedangkan tes gelombang kedua tanggal 11 Mei – 26 Mei 2019. Ujian diselenggarakan pada hari Sabtu dan Minggu, sebanyak 10 kali. Setiap hari terdapat dua sesi tes, yaitu pagi dan siang sebanyak 20 sesi (kecuali hari libur nasional). (Jul)

 

Baca Juga :  Kominfo Larang 11 Data Ini Disebar di Media Sosial

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *