UTBK sudah ditutup, Tenang! Calon Mahasiswa Baru Masih Bisa Ikuti Tiga Jalur lain untuk Daftar PTN

Infokampus.news – Pendaftaran Ujian Tulis Berbasis Komputer atau UTBK resmi ditutup, Senin (1/4). Pelaksanaan UTBK untuk peserta pendaftar gelombang pertama dilaksanakan pada 13 April – 4 Mei 2019, sedangkan tes gelombang kedua tanggal 11 Mei – 26 Mei 2019.

Nilai UTBK sendiri menjadi syarat wajib untuk mendaftar Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri atau SBMPTN 2019. Nah, selain UTBK, masih ada jalur pendaftaran mahasiswa baru di perguruan tinggi negeri yang masih terbuka.

1. Penelusuran Minat dan Kemampuan Politeknik Negeri (PMDK-PN)

Selain perguruan tinggi negeri non vokasi, perguruan tinggi negeri vokasi naungan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi atau Kemristekdikti juga sudah membuka pendaftaran mahasiswa baru. Perguruan tinggi negeri vokasi mencakup kampus-kampus politeknik negeri yang ada di seluruh wilayah Indonesia.

Pendaftaran mahasiswa baru politeknik bersamaan dengan Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri atau SNMPTN 2019.Yaitu, jalur Penelusuran Minat dan Kemampuan Politeknik Negeri (PMDK-PN) dan Ujian Masuk Perguruan Tinggi Negeri (UMPN).

PMDK-PN tahun 2019 adalah seleksi jalur undangan yang diperuntukan bagi lulusan SMA/SMK/MA yang akan melanjutkan pendidikan di Politeknik Negeri di seluruh wilayah Indonesia. Setidaknya terdapat 42 Politeknik Negeri dari ujung barat ke timur wilayah Indonesia yang tergabung dalam jalur seleksi ini. Yang artinya jalur ini ditawarkan bagi ratusan program studi yang linear, mulai dari saintek, sosial, pariwisata, dan bahasa.

Baca Juga :  Universitas Brawijaya Mengukuhkan Dua Guru Besar

 

2. Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri Parwisata  (SBMPTNP) 

Kementerian Pariwisata baru saja meluncurkan program Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri Pariwisata atau SBMPTNP 2019 di kampus Politeknik Pariwisata Makassar. Program ini sangat cocok bagi kampu yang minat kuliah di bidang pariwisata di kampus negeri dengan biaya yang lebih terjangkau.

SBMPTNP merupakan pola seleksi bersama yang terintegrasi dan terpadu berdasarkan nilai test yang dilaksanakan.

“Proses pendaftaran SBM-PTNP merupakan bentuk implementasi atau salah satu bukti dalam pengaplikasian era Pendidikan 4.0. Jadi dengan peluncuran website ini, calon peserta didik tidak lagi melakukan pendaftaran di perguruan tinggi negeri pariwisata yang diinginkan secara manual tetapi dapat dilakukan dengan cara online dengan membuka melalui website yang telah disiapkan,” jelas Riwud Mujirahayu

Saat ini, Riwud Mujirahayu menjelaskan, terdapat enam Perguruan Tinggi Negeri Pariwisata (PTNP) di bawah naungan Kementerian Pariwisata atau Kemenpar di Indonesia. PTN Pariwisata tersebut yakni Sekolah Tinggi Pariwisata (STP) Bandung, Sekolah Tinggi Pariwisata (STP) Nusa Dua Bali, Politeknik Pariwisata (Poltekpar) Makassar, Politeknik Pariwisata (Poltekpar) Medan, Politeknik Pariwisata (Poltekpar) Palembang dan Politeknik Pariwisata (Poltekpar) Lombok.

Baca Juga :  Sambut Maba, Universitas Fajar Makassar Usung Tema Peduli Lingkungan

3. Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (UM-PTKIN) 

Kementerian Agama resmi membuka pendaftaran Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam atau UM-PTKIN 2019, Selasa (2/4) UM-PTKIN merupakan pola seleksi yang dilaksanakan secara nasional oleh seluruh Universitas Islam Negeri (UIN), Institut Agama Islam Negeri (IAIN), dan Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) dalam sistem yang terpadu dan diselenggarakan secara serentak oleh Panitia Pelaksana yang ditetapkan oleh Menteri Agama Republik Indonesia.

Pembiayaan penyelenggaraan UM-PTKIN dibebankan kepada peserta seleksi dan Kementerian Agama Republik Indonesia.Bagi peserta yang lulus UM-PTKIN dari keluarga pra-sejahtera yang memiliki prestasi akademik dan non-akademik dapat mengikuti seleksi program Bidikmisi.

UM-PTKIN 2019 bisa diikuti calon mahasiswa yang tidak lolos di jalur SPAN PTKIN.  Jumlah total prodi yang ditawarkan di UM-PTKIN 2019 adalah 1160 Prodi dengan total kuota 87.390 mahasiswa. (Jul)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *