UWG Malang Bangun Karakter Akademis Maba Melalui Pondasi Kebhinnekaan

Infokampus.news, Malang – Senin (04/09) Kegiatan Prospek Mahasiswa Baru sudah memasuki hari ke tiga, bertempat di lingkungan Kampus III UWG Malang. Dengan mengusung tema Membangun Karakter Akademis Mahasiswa Baru yang Kreatif, Inovatif dan Kritis terhadap Lingkungan untuk Menjunjung Tinggi Nilai-nilai Pancasila dalam Kebhinnekaan. 513 mahasiswa baru yang mengikuti serangkaian kegiatan penerimaan mahasiswa mendapatkan 3 materi mengenai Pengenalan Kehidupan Berbangsa dan Bernegara yang disampaikan oleh Mayor Infanteri Khamim Thohari, S Sos, MSi. selaku Wakil Komandan Belanegara Rindam V/Brawijaya.

“Belakangan ini terjadi degradasi wawasan kebangsaan di kalangan generasi muda. 3 hal menjadi penyebab, yaitu posisi strategis Indonesia dalam perdagangan global, Indonesia yang masih belum terbebas dari krisis dan nilai budaya yang semakin menipis. Cara mengatasinya adalah dengan menguatkan persatuan dan kesatuan, dan yang lebih lagi adalah menanamkan kembali rasa cinta tanah air. Reformasi untuk suatu perubahan memang bagus, akan tetapi kebebasan yang kebablasan akan menjadi bumerang bagi diri sendiri,” ungkapnya.

Penting, Tanamkan Pondasi Kebhinnekaan Pada Setiap Generasi Muda

“Mahasiswa tidak boleh mlempem, mahasiswa harus kritis, tanggap dan harus jadi kontrol sosial,” ungkap Wadan Belneg Rindam V/Brawijaya.

Total sekitar 700 mahasiswa baru UWG Malang, namun hanya 513 mahasiswa yang mengikuti Pekan Orientasi Studi sekaligus Pengenalan Kehidupan Kampus tahun 2017 karena sisanya adalah mahasiswa alih jenjang yang telah mengikuti Prospek sebelumnya. 513 mahasiswa baru tersebut terdiri dari 4 fakultas, yaitu Fakultas Ekonomi, Fakultas Hukum, Fakultas Pertanian dan Fakultas Teknik.

Mahasiswa baru tidak hanya mendapatkan materi dari Belanegara, namun juga akan mendapatkan materi mengenai dunia akademik, Penyesuaian Diri dengan Perguruan Tinggi, Program Kreatifitas Mahasiswa, Etika dan Pengenalan Kehidupan Kampus dan Sharing Story dari alumni sukses. (has)

Berita Terkait

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Mau Tempuh S2 di Inggris? Yuk Coba Beasiswa Gates Cambridge 2018!

Beasiswa Gates Cambridge didirikan tahun 2000 melalui donasi Bill and Melinda Gates Foundation yang merupakan beasiswa penuh bagi mahasiswa

Close