UWG Malang Sediakan Alat Fungsional Untuk Para Pengrajin Kayu

Infokampus.news, Malang – Industri kayu sudah jarang kita temui, berkurangnya sentra pengrajin kayu karena berbagai faktor yang salah satunya dikarenakan tidak mampunya pengrajin kayu memenuhi permintaan pasar karena sistem produksi yang masih konvensional. Permasalah ini juga terjadi di Dusun Pateguhan Desa Argosari Kecamatan Jabung Kabupaten Malang yang sebagian besar masyarakatnya adalah pengrajin kayu.

Silviana, ST,  MT, selaku dosen dari Fakultas Teknik UWG Malang sekaligus Ketua Program Studi Teknik Sipil mencoba membuat inovasi untuk membantu permasalahan para pengrajin kayu dengan memanfaatkan dana hibah dari Kemenristek Dikti tahun pelaksanaan 2017.

Untuk mengatasi permasalahan para pengrajin kayu tersebut sekaligus memberikan edukasi mengenai manajemen produksi dan pemasaran.  Semua itu bertujuan agar proses produksi menjadi lebih efektif dan efisien dan tentunya dapat meningkatkan keuntungan untuk penjualan. Mesin band saw menjadi alat yang disepakati untuk dijadikan pengganti gergaji kayu, penemuan ini sangat diapresiasi oleh para pengrajin karena dinilai sangat membantu dalam proses produksi.

Pengrajin Kayu Sangat Terbantu Dengan Pengadaan Mesin 

“Dulu saya hanya bisa memproduksi 2 buah pintu dan kusen dalam satu minggu. Dengan alat ini, saya bisa memproduksi hingga 4 buah pintu dan kusen dalam waktu yang sama, ” ungkap Sutarno, salah satu ketua kelompok sentra industri kayu.

“Keuntungan penggunaan mesin band saw ini akan saya teruskan kepada teman-teman yang lain agar dusun kami menjadi rujukan produk pintu dan kusen, ” pungkasnya.

“Peningkatan produk terjadi secara kuantitas dan kualitas. Penyuluhan dan pelatihan manajemen produksi dan pemasaran yang kami berikan mudah-mudahan mampu menekan ongkos produksi sekaligus memperluas wilayah pemasarannya,” tegas Silviana, ST,  MT. (has)

Berita Terkait

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

FKH UB Buat Inovasi Terapi Kucing Obesitas

Peneliti FKH UB melakukan sebuah penelitian inovasi terapi pada kucing Obesitas melalui terapi Sedot Lemak (Liposuction)

Close