Viral Wabah Virus Korona! Begini Penjelasan dan Solusi Mencegahnya

INFOKAMPUS.NEWS – Wabah virus baru yang disebut corona virus belakangan ii viral dan membuat geger warga dunia. bagaimana tidak? virus ini menular dengan cepat dan bisa menyebabkan kematian pada beberapa orang.

Virus yang pertama kali muncul di daerah Wuhan, China ini telah memakan korban jiwa sebanyak 25 orang dan menjangkiri lebihd ari 380 orang sejak pertama kali muncul akhir tahun lalu.

Para pejabat Negara China mengatakan virus ini mungkin berasal dari hewan liar yang dijual di Pasar Makanan Laut Huanan. hal ini bisa dibuktikan dengan penderita awal yang terjangkit virus Novel 201 Corona ini merupakan karyawan pasar makanan tersebut.

Pasar makanan laut Huanan menjual berbagai jenis makanan unik dianatranya anak serigala, rubah hidup, buaya, salamander raksasa, ular, tikus, burung merak, landak, daging unta hingga musang.

Dr Gao Fu selaku direktur pusat pengendalian dan pencegahan penyakit China mengatakan “Pihak berwenang percaya virus itu kemungkinan berasal dari binatang buas di pasar makanan laut meskipun sumber pastinya masih belum ditentukan.”

Baca Juga :  7 Perguran Tinggi Tawarkan Janji Jadi PNS ASN Tanpa Ikut Seleksi CPNS

Gejala Penyakit yang ditimbulkan virus Corona bisa membuat orang sakit saluran pernapasan bagian atas dengan tingkat ringan hingga sedang, mirip dengan flu biasa. gejala lainnya yakni pilek, batuk, sakit tenggorokan, sakit kepala dan demam. semua itu dapat berlangsung selama beberapa hari.

Demi mencegah penularan virus Corona, ahli kesehatan Tiongkok menyarankan semua orang menggunakan masker wajah dengan sering dan mencuci tangan. virus Corona disebarkan melalui transmisi kontak yang berarti petugas medis yang terinfeksi mungkin telah menyentuh percikan air liur atau dahak seseorang yang terinfeksi.

Namun kamu tidak perlu khawatir, Badan Kesehatan Dunia mengatakan virus ini belum bersifat darurat, sehingga tidak perlu di kategorikan sebagai darurat global. Beberapa Negara yang sudah terjangkit virus Corona yakni Jepang, Korea Selatan, Amerika Serikat, Macau, Singapura, Thailand, Hongkong, Taiwan, Vietnam.  hati hati ya Sobat FoKus! (Edt)

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *