Virus Corona di China, Enam Mahasiswi UM Akan Dipulangkan Ke Indonesia ?

INFOKAMPUS.NEWS – Pada Senin (3/2) dikabarkan bahwa enam mahasiswi program studi Pendidikan Bahasa Mandarin Universitas Negeri Malang (UM) yang saat ini sedang menempuh program Student Exchange 3+1 di Guang Xi Normal University, Guilin, China, masih berada di dalam asrama dan belum dapat dipulangkan ke Indonesia.

Dalam press release yang dikeluarkan oleh Universitas Negeri Malang (UM), diketahui daftar nama mahasiswi yang masih berada di Guilin, China adalah sebagai berikut : Cindy Wahyuning Tyas, Fienita Amani, Naila Safitri, Nasya Putri Harjuansari, Nisa Ilma Damano, Nurul Izzah.

Perwakilan Rektor UM, Dr. Evi Eliyanah selaku Direktur Kantor Hubungan Internasional, menyebutkan bahwa ke-enam mahasiswi tersebut seharusnya berada di GXNU selama 2 semester terhitung sejak September 2019 dan akan kembali setelah program selesai pada bulan Agustus 2020. Sejak merebaknya virus nCov 2019, atau yang biasa disebut dengan virus novel Corona di Wuhan, China pada 23 Januari 2020, aktifitas seluruh mahasiswa di China termasuk di GXNU provinsi Guilin yang letaknya kurang lebih 900 km juga dibatasi untuk menjaga agar mereka tidak terpapar virus tersebut.

Baca Juga :  Surya Paloh Dapat Gelar Doktor Honoris Causa dari Universitas Brawijaya

“Karena gentingnya situasi, dimana terjadi ekskalasi jumlah penderita baik di episentrum maupun di wilayah lain di China, UM terus berkoordinasi dengan pihak Guang Xi Normal University terkait dengan keselamatan mahasiswa. Mahasiswa sementara diisolasi di asrama GXNU semenjak dicanangkannya wabah novel Corona sebagai musibah nasional di China. Saat ini keenam mahasiswa tersebut dalam keadaan sehat di asrama GXNU dan siap untuk dipulangkan ke Indonesia.” ujarnya.

“Untuk itu, UM sedang berusaha memulangkan mereka dalam waktu dekat, semoga dalam minggu ini ke-enam mahasiswa bisa kembali dengan selamat dan sehat ke Indonesia terlepas dari larangan penerbangan dari China oleh Airport di Changi Singapore, yang merupakan Bandara Hub penting di Asia Tenggara.” pungkas Dr. Evi.

Informasi dari Evi Eliyanah, Mahasiswa UM  di Wuhan, direncakanan akan kembali ke Indonesia pada hari Kamis tanggal 13 Februari 2020.

Semoga seluruh mahasiswa Indonesia di China bisa segera dipulangkan dalam keadaan sehat dan Wabah Virus Corona segera teratasi .(Nad)

Leave a Reply

Your email address will not be published.