Wadahi Karya Buku dari Dosen, STIKI Gelar MoU dengan Penerbit Andi

INFOKAMPUSNEWS – Sadar akan pentingnya menerbitkan karya dosen lewat buku, STIKI Malang resmi gelar MoU dengan Penerbit Andi (17/1/2020).

Bertempat di kampus STIKI, Jl. Raya Tidar No.100, Karangbesuki, Kec. Sukun, Kota Malang, perpustakaan STIKI Malang selain adakan MoU juga adakan Workshop Penulisan Buku yang diberikan oleh Edy S Mulyanta, S.Si,MT.

Bukan tanpa alasan, MoU ini ditujukan untuk mewadahi dosen untuk mempunyai naskah buku ajar, kemudian dalam proses penerbitannya dibantu oleh penerbit Andi. Hal ini dimaksudakan nantinya penerbit Andi itu bisa menerbitkan buku sebanyak 300 eksemplar per satu judul. Pada kerjaama ini STIKI membiayai percetakannya, jadi hal ini dapat membantu meringankan dosen. Dari penerbitan buku ini dosen akan mendapat royalti dari buku yang ditulisnya. Nilai plus dari diterbitkannya buku ajar yang ini yaitu bisa dijual kepada mahasiswa dan juga menambah nilai kepangkatan untuk dosen dan lembaga yang bersangkutan.

Kepala perpustakaan STIKI, Endah Wulandari menuturkan bahwa kerjasama ini sudah menjadi kewajiban STIKI untuk menggandeng penerbit dalam menerbitkan buku ajar bagi para dosen, lalu kemudian ada penerbit Andi yang mewadahi STIKI untuk menerbitkan buku ajar dosen. Endah juga menjelakan bahwa sementara ini yang masih intensif bekerjaama dengan STIKI hanya dengan penerbit Andi saja, lalu dari penerbit lain masih perorangan, karena penerbitan ini disesuaikan dengan jurusan yang ada di STIKI jadi buku yang terbit lebih banyak buku tentang informatika.

Dalam kesempatan MoU dan Workshop ini lebih difokuskan pada dosen-dosen baru sebagai salah satu upaya pemberian kesempatan agar nantinya dosen-dosen tersebut dapat berkembang dan berprestasi yang salah satunya adalah dengan menerbitkan sebuah buku.

“Kita banyak dosen TI disini, karena mungkin masih banyak kendala banyak yang masih sekolah S3, ada yang sudah menjabat sehingga beban ngajar beban tanggung jawabnya itu banyak sehingga tidak terealisasi.” Tambahnya.

Kedepannya pengadaan kerjasama ini diharapkan dapat meningkatkan kwalitas pengajar/dosen sehingga dapat membantu meningkatkan kualitas mutu pendidikan bagi mahasiswanya. (Azi/Sil/Rfl)

 

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *