Wakil DPR-RI,” Hukum di Indonesia Butuh Imparsialitas, Bukan Kekuasaan”

Infokampus.news, Malang – Dr. Fadli Zon M.Sc, wakil DPR-RI menyampaikan aspirasinya di depan ratusan mahasiswa hukum dari berbagai Universitas di kota Malang. Dalam acara yang digelar beberapa waktu lalu oleh fakultas Hukum Universitas Merdeka Malang (UNMER) ini, Fadli menyampaikan pentingnya tema ini bagi mahasiswa fakultas hukum.

“Tema yang sangat penting ini, ‘Rekonstruksi negara berdasarkan nilai-nilai Nasionalitas dan Agamis’, kita memang perlu telaah di era negara kita sekarang ini,” ujarnya.

Ia menerangkan banyaknya kasus ketimpangan maupun perdebatan hukum dan agama yang terjadi di Indonesia saat ini bukanlah hal baru yang terjadi di Indonesia.

“Perdebatan tentang hukum, agama, dan kebangsaan itu sebenarnya bukanlah perdebatan baru,” ungkapnya.

Indonesia Butuh Imparsialitas Hukum bukan Kekuasaan

Ia memberi contoh kasus yang terjadi ahir-ahir ini mengenai tuduhan penistaan agama Islam terhadap Gubernur DKI Jakarta. Fadli memberikan contoh kasus serupa yang terjadi di daerah lain beberapa waktu lalu sebagai perbandingan.

“Mereka yang melakukan penistaan terhadap agama langsung kena kok. Ada beberapa contoh seperti di Bali ada orang kristen kalau tidak salah dia bilang ‘canang (re:tempat menaruh sesaji upacara umat hindu) itu jijik ya’ dan walhasil dipenjara 1 tahun 2 bulan,” paparnya.

Ia mengatakan sama halnya dengan kasus Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok, harusnya pemerintah lebih tegas menindak Gubernur yang telah di nonaktifkan ini.

“Ini sudah masuk kasus hukum ya bukan kebhinekaan, dan proses penegakan hukum butuh imparsialitas (re: pedoman hukum universal) bukan kekuasaan,” pungkasnya. (Pus)

Berita Terkait

  • Puluhan mahasiswa yang tergabung dalam Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) cabang Malang turut mengambil sikap terhadap kasus yang menimpa Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok. Sikap Gubernur DKI Jakarta ini dinilai oleh sejumlah pihak telah menistakan agama dan melanggar pasal 156 KUHP. Oleh karena itu HMI menuntut pemerintah untuk menegakkan hukum atas persoalan tersebut dengan melaksanakan aksi di depan gedung DPRD Kota Malang hari ini, Jum'at, 4 November 2016.

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Nasionalisme dan Religius, Pentingkah Untuk Bangsa Indonesia?

Nasionalisme dan religius tidak bisa dipisahkan dari ideologi bangsa Indonesia karena nasionalisme yang kita anut berbasis pada agama dan budaya....

Close