Wakil Ketua KPK Ingin Mahasiswa UMM Jadi Pejuang Antikorupsi

INFOKAMPUS.NEWS -Jangan meneriakkan lawan korupsi kalau mahasiswa masih suka menyontek saat ujian. Hal itu ditegaskan wakil ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Laode Muhammad Syarif di hadapan mahasiswa baru Fakultas Hukum (FH) Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) di basement dome UMM, Jumat (6/9).

Laode bersama rombongan KPK tengah melakukan roadshow bertajuk “Bus KPK Jelajah Negeri, Bangun Negeri Antikorupsi”. UMM menjadi salah satu jujugan  roadshow KPK di kota Malang. Ia menekankan pentingnya mahasiswa memiliki keberanian untuk menjunjung kebenaran. “Jadilah benar, meskipun sendirian,” tegasnya.

Laode juga mengharapkan mahasiswa di kota Malang akan menjadi pejuang antikorupsi. Salah satunya dengan menjadi critical thinking mass yang menyumbangkan pemikiran alternatif pada pemerintah kota Malang, Indonesia, bahkan dunia. “Agar menjadi pemimpin di masa mendatang yang baik dan berintegritas,” harapnya.

Mahasiswa, sebut Laode, dapat memupuk jiwa antikorupsi melalui hal sederhana. “Rajin belajar dan menuruti nasihat orang tua. Lalu, pertebal dengan menjadi aktivis antikorupsi,” sebutnya.

Kota Malang menjadi tujuan roashow Bus KPK Jelajah Negeri lantaran termasuk salah satu kota besar di Jawa Timur sekaligus kota pendidikan. Yang kedua, karena beberapa waktu lalu kota Malang ‘mendapatkan musibah’ yang melibatkan anggota DPRD kota Malang.

Baca Juga :  Pemuda Papua Sukses Selesaikan Masa Studi di Negeri Pontianak

Maka, roadshow jelajah bus KPK di kota Malang merupakan bagian dari pencegahan. “Kita bantu DPRD dan walikota agar kejadian lama tak terulang kembali,” sambungnya.

Tahun ini menjadi tahun kedua program roadshow ini. 28 kota di Jawa Timur, Jawa Tengah, dan Bali akan disinggahi KPK hingga pertengahan Oktober mendatang. Sayangnya hanya satu bus yang dimiliki KPK, sehingga permintaan yang banyak dari berbagai daerah di Indonesia belum dapat dipenuhi. (ich)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *