Waspada! Ini Cara Melindungi Diri dari Pencurian Identitas di Kampus

Infokampus.news – Pencurian identitas merupakan hal yang menakutkan dan dapat terjadi pada siapa saja dan dimana saja. Berikut adalah beberapa tips untuk membantu kamu melindungi informasi pribadi dan keuangan kamu di kampus

Gunakan password yang unik menggunakan angka, huruf, dan simbol
Jika kamu menggunakan satu password untuk segala hal, kamu rentan terhadap serangan. Simpan password yang berbeda dan unik untuk setiap perangkat yang kamu miliki. Misalnya, jangan biarkan password Gmail sama dengan password Facebook. Buat sistem sendiri untuk membantu kamu membuat password yang cerdas dan unik untuk setiap perangkat, aplikasi, atau program yang kamu gunakan.
Baca Juga:
Sadar akan bahaya menggunakan wifi publik
Kita semua ingin menggunakan wifi gratis, tapi risikonya berada adalah kamu kehilangan privasi kamu. Kamu tidak pernah tahu seorang hacker mungkin berada di sekitarmu dan mengumpulkan informasi dari komputer kamu. Tentu saja ini tidak selalu terjadi, tetapi itu cara yang mudah bagi seseorang untuk mengumpulkan konten dari komputer kamu atau menonton kamu mengetikkan password. Jika kamu akan  menggunakan wifi umum, sadar akan bahaya ini dan mengambil tindakan pencegahan.
Jauhkan dompet dan tas kamu di tempat yang aman
Jika kamu pergi ke pesta, berhati-hati meletakan dompet dan tas kamu. Orang yang mencuri barang-barang di pesta dapat melacak informasi pribadi kamu. Jika mungkin, jangan membawa kartu kredit atau info keuangan karena itu tidak diperlukan.
Jangan membawa semua informasi pribadi dan keuangan
Satu kesalahan sederhana yang biasa kita buat adalah meninggalkan semua informasi pribadi dan kartu keuangan dalam dompet. Cek dompet dan pastikan hanya sesuatu yang kamu butuhkan yang kamu bawa. Tentu saja, kartu mahasiswa dan SIM penting, tetapi apakah kamu memerlukan kartu kredit atau kartu bank kamu setiap saat? Pikirkan tentang apa yang kamu butuhkan bergantung pada kemana kamu akan pergi.
Tahu apa yang ada di dompet kamu
Catat nama, nomor rekening, dan nomor telepon untuk setiap bank atau lembaga keuangan kredit kamu. Jika tas atau dompet kamu dicuri, kamu tahu siapa yang harus dihubungi segera. Bahkan, memiliki daftar nomor telepon yang siap kamu hubungi jika kamu telah kehilangan dompet atau tas.
Periksa kembali laporan kredit kamu setiap 4 bulan
Secara hukum, kamu memiliki akses ke laporan kredit, ambil kesempatan ini untuk memperoleh laporan kredit dari salah semua biro masing-masing 4 bulan untuk memastikan tidak ada yang membuka rekening kredit dengan nama kamu.
Waspadai penipuan, atau jika perlu bekukan kartu kredit kamu jika mencurigai penipuan
Jika kamu melihat ada rekening kredit yang aneh pada laporan kredit, segera waspada bahwa mungkin ini penipuan, kemudian segera membantah barang-barang yang dibeli tersebut kepada biro kredit. Semakin cepat kamu melaporkan, semakin baik. Jika perlu, kamu dapat membekukan kredit kamu untuk benar-benar menguncinya sehingga tidak ada yang dapat membuka jalur kredit dengan nama kamu.
Semoga bermanfaat! (FAM)

 

Sumber: WikiHow

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ingin Sukses di Usia Muda? Keluar Dari Zona Nyamanmu Sekarang!

Ketatnya persaingan di era globalisasi kini, membuat sejumlah universitas berlomba-lomba membekali para mahasiswa dengan berbagai ilmu. Hal tersebut dimaksudkan agar...

Close