WhatsApp Down, Berikut Ini Cara Atasi WA Error

Infokampus.news – Berada di bawah naungan induk perusahaan yang sama, aplikasi Facebook, Instagram, dan WhatsApp down sejak Rabu (22/5/2019). Di situasi ini, para pebisnis online di Instagram kalang kabut karena kesulitan berkomunikasi dengan para pelanggannya. Namun yang lebih dikeluhkan warganet adalah down-nya aplikasi WhatsApp. Para pengguna WhatsApp mengeluhkan sulitnya mengirim pesan berupa foto atau gambar. Seperti kita ketahui bersama, WhatsApp telah menjadi platform komunikasi utama mayoritas warga Indonesia dalam berbagai hal, baik untuk komunikasi personal maupun profesional.

Dikutip dari Tribunnews.com, Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara membenarkan kabar terkait pembatasan akses sejumlah media sosial Indonesia, terutama yang sering menjadi platform berita hoaks.

Rudiantara mengungkapkan dalam konferensi pers, “Pembatasan ini bersifat sementara dan bertahap, pembatasan dilakukan terhadap platform fitur-fitur medsos jadi tidak semuanya.”

Pembatasan ini tidak serta merta dilakukan tanpa ada sebab. Sebelumnya, pihaknya sudah menemukan modus provokasi aksi pada tanggal 22 Mei 2019, yakni dengan menyebarkan video dan meme foto melalui aplikasi WhatsApp.

Baca Juga :  Catat! Jadwal Libur dan Cuti Bersama tahun 2019

Sehingga untuk sementara waktu, masyarakat Indonesia akan mengalami kesulitan mengunggah maupun mengunduh foto dan video melalui WhatsApp.

Namun jika Sobat FoKus masih saja menemukan kesulitan mengirim pesan teks ataupun WhatsApp mendadak error, ada baiknya menyimak cara-cara mengatasi WhatsApp down berikut ini.

Cara Atasi WhatsApp Down
1. Cek Jaringan Internet

Ketika WhatsApp mendadak error, cara pertama yang bisa dilakukan yakni dengan memeriksa jaringan internet yang sedang aktif. Pastikan, internet terkoneksi dengan baik.

2. Periksa Fitur Penghemat Daya Android

Seringkali, adanya aplikasi yang akan secara otomatis menghemat daya baterai ponsel saat akan habis ini justru akan mengambat jalannya aplikasi yang sedang berjalan. Contohnya, pesan WhatsApp tidak masuk atau pending.

3. Aktifkan Mode Pesawat

Sering terjadi dan sering terbukti, mengaktifkan kemudian menonaktifkan kembali mode pesawat beberapa saat kemudian dapat membantu mengembalikan jaringan internet ke kondisi semula yang lancar. Cara ini kurang lebih sama halnya dengan me-restart ponsel.

4. Menghapus Cache Aplikasi

Cache merupakan data yang disimpan secara temporer dengan tujuan mempercepat pemrosesan suatu aplikasi. Jika cache menumpuk/tidak pernah dihapus, WhatsApp akan mudah error dan akibatnya pesan yang dikirim ataupun diterima akan tertunda.

Baca Juga :  Jadwal dan Lokasi Ujian Diumumkan, Berikut ini Tips Lolos Ujian PKN STAN 2019
5. Bersihkan Data Aplikasi WhatsApp (Clear Data)

Solusi lain yakni membersihkan data aplikasi WhatsApp. Namun jika mengambil solusi ini, pastikan untuk mencadangkan data WhatsApp terlebih dahulu jika tidak ingin semua chat hilang/terhapus.

6. Hapus dan Pasang Ulang WhatsApp

Jika beberapa cara di atas belum ada yang berhasil, coba untuk menghapus/uninstall aplikasi WhatsApp dan mengunduhnya lagi di GooglePlayStore atau AppStore. Pastikan sebelum uninstall, cadangkan pesan terlebih dahulu.

7. Tunggu Hingga Server Pulih

Jika semua cara di atas tidak ada yang membuahkan hasil, atau Sobat FoKus cukup sabar untuk menunda berkirim pesan tanpa melakukan cara-cara di atas, cara ini adalah satu-satunya yang paling tepat. Karena jika yang menyebabkan error pada WhatsApp adalah server-nya yang down, maka yang bisa dilakukan pengguna adalah menunggu dengan sabar. Namun jika Sobat FoKus dalam situasi yang mengharuskan untuk tetap terhubung dengan para kolega, maka pastikan ada aplikasi berkirim pesan selain WhatsApp, atau yang paling mudah adalah berkomunikasi lewat surat elektronik (surel) karena semua pengguna Android pasti memiliki setidaknya satu akun aktif.

Baca Juga :  Baju Baru Alhamdulillah, Apa Kabar Baju yang Lama? Tips Berlebaran Kreatif

Sebelumnya, Facebook, WhatsApp, dan Instagram juga sempat down pada 14 Maret 2019 lalu.

Pengguna mengatakan mereka mengalami kendala saat mengirim pesan menggunakan Messenger, memposting konten di Facebook, Instagram serta WhatsApp. Bahkan menurut sejumlah pengguna, fitur-fitur utama seperti Instagram Stories, direct message, dan tombol untuk mempublikasi konten baru juga tidak bisa digunakan. Gangguan ini terjadi pada hari Minggu (14/4/2019) pukul 18.00 WIB.

Menurut halaman DownDetector, gangguan ini dimulai dari wilayah Amerika Serikat yang kemudian merambah ke wilayah Eropa dan Asia. (him)

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *