Wisuda Periode Ke 62, Universitas Islam Malang (Unisma) Datangkan Dua Rektor dari Kampus Brunei

INFOKAMPUS.NEWS – Universitas Islam Malang (UNISMA) hadirkan dua Rektor dari Kampus-Kampus Brunei Darussalam pada Wisuda Periode ke-62. Pada kesempatan ini, Rektor Unisma, Prof. Dr. Maskuri, M.Si mewisuda sebanyak 1552 Wisudawan.

Rektor Unisma dan Rektor Brunai

Karena banyaknya wisudawan, maka Wisuda Unisma Semester Genap Tahun Akademik 2018/2019 ini dibagi menjadi 2 sesi atau dua hari yaitu pada hari sabtu dan minggu, tanggal 26 Oktober – 27 Oktober 2019.

Rektor Unisma

Rektor-rektor Brunei Darussalam yang pertama adalah Dr. Haji Norarfan Bin Haji Zainal yang merupakan rektor Universiti Islam Sultan Sharif Ali, Brunei Darussalam (UNISSA). Sedangkan rektor yang kedua adalah Dr. Hj. Adnan Bin Hj. Besar yang merupakan Rektor Kolej Universiti Perguruan Ugama Seri Begawan (KUPUSB).

Dr. Hj. Adnan Bin Hj. Besar (KUPUSB) hadir pada sesi wisuda yang pertama. Sedangkan Dr. Haji Norarfan Bin Haji Zainal menghadiri sesi wisuda hari kedua.

Hadirnya kedua rektor tersebut merupakan salah satu tindak lanjut jejaring kerjasama Unisma di Tingkat Internasional. Selain dengan  Kantor Perwakilan Republik Indonesia di Brunei Darussalam, Unisma juga telah mengembangkan kerjasama dengan negara-negara lain yaitu Australia, Thailand, Jepang, Vietnam, Taiwan, Uzbeskitan, Azerbaijan, Malaysia, Singapura, Sudan, Jordania, Timor Leste, India, Filipina, Rusia, serta Lebanon.

Baca Juga :  Resmi! Pelantikan Rektor Unmer Dihadiri Walikota Malang, Walikota Batu Serta Para Rektor Lain

Dalam pidatonya saat Rapat Terbuka Unisma dalam rangka wisuda Program Sarjana, Profesi & Pascasarjana Unisma menyampaikan bahwa  sebagai Perguruan Tinggi Islam di bawah Naungan PP. Lembaga Pendidikan Ma’arif-NU, UNisma bertujuan untuk menghasilkan inteletual muslim ulama dan ulama yang intelek, yang memiliki kompetensi, integritas keilmuan yang handal, beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT, dan berahklakul karimah.

Wakil Rektor I Unisma, Prof. Drs. Junaidi, M.Pd, Ph.D menyampaikan kepada tim infokampus.news bahwa, selain mayoritas lulusan yang menempuh studi tepat waktu, total jumlah lulusan kali ini juga terbanyak yaitu sebesar 81 % (25/10).

“Lulusan kali ini terbanyak dari FEB, tapi dari FKIP juga, berkat lulusan Pendidikan Profesi Guru (PPG) yang jumlahnya cukup banyak,” papar Wakil Rektor I Unisma ini.

Wakil Rektor I Unisma juga menyampaikan bahwa  Setidaknya terdapat 13 lulusan, dari dua Prodi yakni Teknik Mesin dan Teknik Listrik, yang juga akan dikukuhkan sebagai wisudawan di momen wisuda Unisma periode ke – 62 ini.

Lebih lanjut wakil rektor I Unisma menambahkan bahwa wisuda kali ini Unisma memberikan penghargaan pada sekolah-sekolah yang memberi kepercayaan besar kepada Unisma dengan mengirim mahasiswa terbanyak. Ada 10 sekolah yang mendapat award dari Unisma ini yaitu MAN 1 Batu, SMA Islam Malang, SMAN 1 Tumpang, SMKN 1 Malang, MAN 1 Malang, hingga SMKN 2 Malang. NSelain SMA wilayah Malang dan Batu ini, juga terdapat sejumlah sekolah dari beragam wilayah diluar kawasan Malang Raya yang  mendapat penghargaan dari Unisma.

Baca Juga :  H-1 International Scholarship Expo 2019, Hadirkan Beragam Acara Mulai Seminar Hingga Pameran

Tiga Lulusan terbaik tingkat Universitas Program Sarjana Semester Genap Tahun Akademik 2018/2019 Unisma adalah Aqidatul Firly dari Fakultas Ekonomi Bisnis (FEB), Yuliatiningsih, S.Pd dari Fakultas Agama Islam (FAI)  dan Syarifatul Lailiyyah, S.Pd dari Fakultas Ilmu Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Program Studi Matematika.

Aqidatul Firly, S. Ak adalah wisudawan terbaik  asal Malang ini lulus dari Fakultas Ekonomi Bisnis (FEB) Program Studi Akuntansi. Ia berhasil meraih IPK 3,96 (dengan Pujian) selama 8 semester. Judul skripsinya adalah “Pengaruh Karakteristik Kinerja Pemda terhadap Tingkat Pengungkapan Laporan Keuangan di Website Pemda (Studi Empiris Pada Pemerintah Daerah Se-Jawa Timur Periode 2015-2017).

Selanjutnya Yuliatiningsih, S.Pd dari adalah wisudawan terbaik  asal Malang ini lulus dari Fakultas Agama Islam (FAI) Program Studi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal. Ia berhasil meraih IPK 3,96 (dengan Pujian) selama 8 semester. Judul skripsinya adalah “Penerapan Permainan Balok Angka untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung Permulaan Anak Kelompok B di TA Al Kautsar Kota Malang.”. 

Selain itu adalah wisudawan Unisma asal Probolinggo yaitu Syarifatul Lailiyyah, S.Pd dari Fakultas Ilmu Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Program Studi Pendidikan Matematika. Dengan IPK 3,96 (Cum Laude). Adapun Judul skripsinya adalah “Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Self Confidence Peserta Didik Melalui Strategi Formulate Share LIsten Create dan Metode Suggestopedia pada Materi Aritmatika Sosial Kelas VII SMPN 22 Malang tahun pelajaran 2018/2019″. (Rfl)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *