Wisudawan UNIKAMA Langsung Terima Ijazah, Rektor Berharap Masa Tunggu Alumni Makin Menipis

Infokampus.news, Malang – Ada yang berbeda dari prosesi wisuda total sebanyak 1.222 mahasiswa Universitas Kanjuruhan Malang (UNIKAMA) yang digelar hari ini (13/10) dan besok (14/10). Untuk hari ini total sebanyak 657 mahasiswa yang terdiri dari 4 fakultas yakni Fakultas Ilmu Pendidikan, Hukum, Peternakan dan Pascasarjana telah selesai diwisuda. Sedangkan sebanyak 565 mahasiswa dari 3 fakultas yakni fakultas Bahasa dan Sastra, Sains dan Teknologi serta Ekonomi dan bisnis akan diwisuda besok.
Namun dalam 2 periode wisuda ini mahasiswa langsung menerima ijazah asli saat wisuda tanpa harus menunggu lagi. Hal ini diungkapkan rektor Dr. Pieter Sahertian ditemui wartawan usai prosesi wisuda.
“Sebernarnya kita selalu upayakan agar ijazah bisa diterima secepatnya, kalau bisa ya waktu wisuda agar masa tunggu mahasiswa itu lebih pendek. Biasanya kan kita masa tunggu 1-3 bulan,” Terang Pieter.
Meski demikian tak jarang mahasiswa sudah mendapatkan pekerjaan sebelum wisuda dilaksanakan. Selain itu menurutnya, tren mahasiswa saat ini juga mulai bergeser dari ingin menjadi pegawai berubah menjadi ingin berwirausaha.
“Untuk itu saat sebelum lulus kami juga memfasilitasi kalau ada yang memang ingin menekuni dunia wirausaha seperti di Fakultas Ekonomi dan Bisnis itu ada mata kuliah khusus wirausaha. Dari pemerintah juga ada dana khusus untuk modal, per tahun kira-kira besarannya 10-20 juta untuk mereka yang usahanya memang memiliki potensi bagus.” Tambah Wakil Rektor I Dr. Sudi Dul Aji.
Keduanya menambahkan dalam wisuda yang digelar hari ini (13/10) mahasiswa terbaik dari program S1 berasal dari fakultas Peternakan yakni Hari Rohman kelahiran kota Trenggalek dengan IPK 3.86. Untuk wisudawan terbaik dari program pascasarjana diraih oleh Siti Munawaroh, mahasiswa kelahiran kota Jombang dengan IPK 3.94. (Pus)

ADV-728_x_90

Baca Juga :  Dimulai hari ini, 13 Ribu Calon Mahasiswa Ikuti Jalur Mandiri UB

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *