Workshop Intelektual Muslim, ‘Intelektualitas Harus Ubah Peradaban Kacau’

Infokampus.news, Malang – Dalam acara Workshop Penulisan Jurnal Internasional yang digelar di gedung Griya Universitas Brawijaya Malang (UB) dihadiri oleh para cendekiawan dosen dan juga mahasiswa muslim di Malang Raya. Acara yang digelar oleh Hizbut Tahrir Indonesia (HTI) ini salah satu upaya untuk memotivasi para pemuda muslim untuk lebih giat lagi melakukan penelitian di bidang mereka masing-masing.

Melihat perkembangan peradaban yang makin hari makin merosot secara moral, para narasumber memotivasi cendekiawan muslim untuk melakukan penelitian untuk beribadah sekaligus membangun peradaban yang lebih baik.

“Kalau kita melakukan publikasi internasional seperti ini, ya ini yang paling penting sebenarnya yaitu ilmu yang diberikan dan disebarkan akan memberi kita manfaat juga lho, dunia akhirat.” ujar Dr. Sukarni Saiful Islam MT., Sekretaris DPD 2 HTI kota Malang.

Ia menyebutkan meneliti sesuatu untuk kemaslahatan orang banyak merupakan hal yang penting untuk diperhatikan para peneliti muslim.

“Dalil jelas menyebutkan kalau menyebarkan ilmu yang kita miliki dan bermanfaat, jika terus digunakan oleh orang banyak, pahala kita tidak akan berhenti sampai kita wafat nanti.” tambahnya.

Peran Besar Seorang Peneliti Membangun Peradaban Baru

Ia mengatakan dalam era sekarang ini peran peneliti muslim sangat dibutuhkan untuk memberikan pencerahan terhadap kondisi yang sudah semakin terpuruk ini setiap harinya.

“Peran peneliti untuk membangun peradaban yang agung itu besar sekali, maka dari itu kita harus punya orientasi yang jelas bagaimana kita bisa memecahkan asalah sosial dan sains dalam masyarakat. Kita pasti bisa, asal orientasi kita jelas untuk beribadah dan juga untuk sosial,” pungkasnya. (pus)

Berita Terkait

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

STIKI Basketball League Ajang Bergengsi Tahunan STIKI Malang

STIKI Basketball League acara tahunan yang ada sejak tahun 2010, acara ini menjadi salah satu ajang bergengsi dunia basket dikota...

Close