Workshop Kurikulum UNISMA, ‘Kurikulum Pendidikan Perlu Dibenahi!’

Infokampus.news, Malang – Menilik dari fenomena mutu pendidikan di Indonesia yang masih rendah terutama mutu pendidikan dalam bidang keagamaan, Universitas Negeri Malang (UNISMA) mencari solusi lewat workshop pendidikan berjudul “Penyusunan Kurikulum Selaras KKNI Prodi, PGMI, dan PGRA di Lingkungan Kopertais Wilayah IV”. Dalam penyusunan kurikulum yang digelar hari ini hingga tanggal 5 Agustus mendatang, diharapkan nantinya pendidikan konvesional ala Indonesia bisa dihapuskan agar pendidikan agama baik di sekolah maupun perguruan tinggi bisa terus berkembang bukannya berjalan di tempat.

“Saya sudah lakukan research kecil ya hampir banyak dosen kota Malang, harus dihapuskan ini ya sistem pendidikan konvesional semacam ini, yang mana nilai A hanya milik dosen. Ini sangat menyedihkan dan sayapun dulu sempat mengalaminya waktu duduk di bangku kuliah,” ujar Prof. Dr. H. Masykuri selaku rektor UNISMA

Baca Juga :

Gaji Sudah Tinggi, Mutu Pendidikan Masih Rendah, Apa Solusinya?

Rektor UNISMA juga menyebutkan bahwa sekarang tunjangan guru, kesejahteraan guru maupun semakin meningkat. Namun mengapa mutu pendidikan di Indonesia tidak meningkat?

“Kita lihat semua, di manapun guru ditempatkan sudah banyak tunjangan istilahnya sudah ada perbaikan taraf kehidupan. Tapi, mutu pendidikan tidak meningkat, maka dari itu mungkin kita harus melakukan pembenahan di kurikulum dengan acara semacam ini,” ujarnya kemudian.

Pengembangan kurikulum juga harus dikembangkan dalam bidang penelitian dan pengabdian masyarakat

Rendahnya mutu pendidikan di Indonesia juga mengakibatkan rendahnya jumlah penelitian dan pengabdian masyarakat oleh mahasiswa. Padahal, banyak tidaknya penelitian dan pengabdian masyarakat merupakan salah satu penentu kualitas suatu universitas.

“Ini akan menjadi PR besar jika banyak mahasiswa tidak bisa melakukan penelitian dan pengabdian, apalagi rekayasa ilmiah karena mutu pendidikan rendah. Karena itu ini penting agar mahasiswa bisa mengembangkan ilmu yang baik untuk masa depan mereka ke depannya, termasuk masa depan bangsa juga.” (ir)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Daftar Sekarang Juga! Beasiswa LPDP Dokter Spesialis

Beasiswa LPDP Dokter Spesialis adalah program beasiswa yang dibiayai oleh pemerintah Indonesia melalui pemanfaatan DPPN dan dikelola oleh LPDP

Close