Wow, Bulan Agustus Ini UNIDHA Akan Launching Sentra KI!

Infokampus.news, Malang – Bulan ini UNIDHA akan launching kantor HAKI di bawah naungan LPPM Universitas Wisnuwardhana Malang. Ditemui saat akan melakukan koordinasi pagi ini (11/8) Ketua LPPM UNIDHA, Dr. Eny Dyah Yuniwati, S.P., M.Pd mengungkapkan pihaknya telah lama merencanakan pendirian sentra KI (Kekayaan Intelektual) ini.

“Taun kemarin sudah mengajukan hibah tapi belum berhasil, jadi kami mau mulai taun ini karena kami menilai semua penelitian dan pengabdian itu haus di patenkan,” tukas dia ditemui eksklusif oleh tim infokampus.news.

Selain itu juga Kemenristekdikti selalu mendorong semua dosen di Indonesia untuk mematenkan hasil penelitian mereka.

“Kami semua memang di dorong oleh Dikti untuk bisa menghasilkan HAKI,” tambah dia.

Nantinya Setelah UNIDHA Akan Launching Kantor HAKI , Semua Civitas Akademik dan Masyarakat Bisa Mendaftarkan Hak Paten

Pendirian HAKI ini dinilai akan memberikan manfaat yang besar bagi kampus UNIDHA. Selain meningkatkan akreditasi kampus, nantinya masyarakat luas juga bisa mendaftarkan karya maupun produk mereka disini.

“Kalau untuk personal civitas akademik, ini bisa digunakan untuk kenaikan jabatan fungsional. Misalnya seorang profesor tidak memiliki paten rasanya kurang nilainya,” Tukas dia

Selain itu, untuk masyarakat luas pengajuan hak intelektual dan hak cipta ini dapat digunakan agar pihak lain tidak bisa seenaknya meniru produk atau ciptaan tersebut.

“Misal bikin buku, ini kalau kita tidak patenkan ya bisa saja besok orang lain bikin buku sama dengan isi yang sama tapi nama berbeda. Kita harus waspada itu,” pungkasnya. (Pus)

Berita Terkait

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Generasi Strawberry , Mampukah Bertahan di Era Masa Mendatang?

Generasi strawberry adalah generasi yang lahir di tahun 2000 hingga di tahun ini, yang mana mereka merupakan generasi yang diperlakukan...

Close