Wow, Sampah di UB Capai 2,3 TON Perhari!

Infokampus.news, Malang – Ikatan Mahasiswa Pecinta Alam Universitas Brawijaya (IMPALA UB) melalui penelitan yang dilakukannya mengungkapkan bahwa 1 Mahasiswa UB bisa menghasilkan sampah mencapai angka 35 gram dalam sehari. Bila jumlah mahasiswa UB sekitar 70 ribu maka total sampah tersebut akan mencapai angka 2,3 ton lingkungan UB. Penelitian yang dipamerkkan dalan acara Nature Fest ini dilakukan IMPALA UB demi menciptakan gaya hidup ramah lingkungan di lingkungan UB.

Terbesar Sampah Organik

Jika diperinci penghasil sampah terbesar di UB merupakan sampah organik sebesar 59 %, diikuti sampah plastik 18%, dan sampah kertas 19%. Rute pengambilan sampel penelitian ini dilakukan dari Pintu masuk Gerbang Teknik, menuju bundaran UB, hingga di tempat UPT Kompos UB dengan titik pengambilan sampel terletak diantaranya FISIP, Teknik Pengairan, Teknik Mesin, dan Perpustakaan UB.

Rekomendasi untuk Kurangi Sampah

Melihat sampah di UB yang berpotensi makin bertambah setiap tahunnya, IMPALA UB berdasarkan penelitian tersebut mmembuat beberapa poin rekomendasi untuk menanggulangi masalah sampah di UB diantaranya :

  1. Kurangi penggunaan plastik
  2. Usahakan makan di tempat sehingga mengurangi penggunaan kertas minyak
  3. Hemat kertas
  4. Gunakan tumblr.

IMPALA juga membuat poin rekomendasi pengolahan sampah di UB seperti :

  1. Penerapan reuse, reduce, recycle
  2. Composting untuk sampah organik serta,
  3. Insenerator untuk sampah sulit terdekompos

Dengan dipertunjukannya hasil penelitian tersebut, IMPALA UB berharap bisa dijadikan landasan oleh pihak-pihak yang mengelola sampah di UB sebagai acuan agar masalah sampah di UB bisa teratasi.

Penulis : Ucha Julistian
Editor : Galuh Pandu Larasati

Foto : Ucha Julistian

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Beasiswa Pertamina Sobat Bumi untuk Mahasiswa S1 2016

Masih ingat beasiswa BUMN satu ini? Ya, Beasiswa Pertamina Sobat Bumi atau lebih akrab disebut Beasiswa Sobat Bumi dari Pertamina...

Close