Wow! Selai Dari Pelepah Pisang Ala Siswa Ini Ternyata Mampu Turunkan Hipertensi

Infokampus.news, Malang – Selai dari pelepah pisang karya Syarif Arrasyid, Fariz Ananda Kusuma, dan Leonaedhi Indra Yulfianto yakni siswa SMK Muhammadiyah Kudus ini dipamerkan dalam ajang Youth EcoTech yang diselenggarakan di UMM Corner beberapa waktu lalu. Berawal dari keprihatinan mereka akan pelepah pisang di desa tempat mereka tinggal yang dibuang dengan percuma membuat para siswa ini memiliki ide untuk membuat selai.

“Dianggap limbah di desa kami hingga dibuang dan menumpuk. Daripada menumpuk begini ya lebih baik kita manfaatkan untuk selai,” tukas Syarif pada tim infokampus.news.

Untuk bagian yang mereka pilih sebagai bahan baku pembuatan selai merupakan semua bagian pelepah pisang, kecuali bagian terluar.

Selai Dari Pelepah Pisang Pukau Seluruh Pengunjung Pameran Karena Khasiatnya Turunkan Hipertensi

Tidak banyak perbedaan dalam membuat selai pelepah pisang karya para siswa ini dengan pembuatan selai pada umumnya. Mereka mencampurkan berbagai bahan baku yang telah dihaluskan dan memasaknya menjadi selai.

“Pelepah pisang, garam, gula merah dan kayu manis komposisinya. Ya tidak ada yang berbeda sama seperti membuat selai pada umumnya.” Tambah dia.

Baca Juga :  UMM Jadi Tuan Rumah MoU Perpustakaan Nasional RI dengan 72 Kampus di Jawa Timur

Ternyata tidak hanya enak, selai dari pelepah pisang yang dibanderol dengan harga 4.000 rupiah per cup kecil ini juga memiliki khasiat menurunkan hipertensi.

“Karena memiliki kandungan zat tanin yang mampu menurunkan tekanan darah tinggi,” Tandasnya. (Pus)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *