Wow, UI Masuk Jajaran 100 Perguran Tinggi Terbaik di Asia!

Infokampus.news – Universitas Indonesia (UI) kembali masuk ke dalam jajaran perguruan tinggi terbaik di Asia. Dirilis oleh laman www.topuniversities.com, UI berhasil masuk dalam jajaran top 100 universities se-Asia dengan peringkat ke-54 di dalam pemeringkatan QS Asia University Ranking 2017. Peringkt ini juga menandai kenaikan peringkat UI dimana dalam pemeringkatan sebelumnya, UI masih berada di peringkat 67.  Pemeringkatan ini dilakukan terhadap lebih dari 400 perguruan tinggi dari 17 negara di Asia dan 23 Perguruan Tinggi di Indonesia. Daftar pemeringkatan dapat dilihat lengkap di laman http://www.topuniversities.com/university-rankings.

Dunia Internasional Makin Tertarik Berbagi Ilmu di UI

UI unggul pada indikator “International Faculty” yang menandakan bahwa para akademisi maupun peneliti dari mancanegara tertarik untuk berbagi ilmu dan melakukan penelitian di UI. Setidaknya hingga pertengahan tahun 2017, terdapat 1.588 tenaga akademisi yang pernah hadir ke UI untuk menjadi dosen, dosen tamu, peneliti tamu dalam rangka sharing knowledge kepada sivitas akademika UI.

Menanggapi prestasi ini, Rektor UI Prof.Dr.Ir.Muhammad Anis, M.Met menyampaikan, rasa bangganya atas prestasi yang diraih oleh kampus UI. Menurutnya, dari pemeringkatan ini tentinya ada hal positif yang bisa diambil.

“Kami berbangga hati atas pencapaian ini – dengan demikian secara tidak langsung menunjukkan bahwa institusi pendidikan di Indonesia telah direkognisi oleh dunia pendidikan di Asia,” Ungkap Anis seperti dilansir laman UI.

Ini Saja Indikator Yang Dinilai Dari Pemeringkatan Universitas Di Asia

Pencapaian UI tidak terlepas dari pemenuhan seluruh parameter. Berdasarkan hasil kalkulasi yang dilakukan tim QS, UI unggul pada Kualitas Tenaga Pendidik, Reputasi Akademis, Jumlah Tenaga Pendidik Asing di UI serta Kegiatan belajar-mengajar di setiap fakultas. Selain itu indikator lain yang berhasil dipenuhi diantaranya terdapat peningkatan signifikan dalam publikasi jurnal, pengelolaan sumber daya manusia di tingkat universitas maupun fakultas serta tata kelola organisasi institusi.

Pemeringkatan QS Asia University Rankings menggunakan sepuluh parameter dalam pemeringkatan yaitu Academic reputation (30%), Employer reputation (20%), Faculty/student ratio (15%)Citations per paper (10%) Paper per Faculty (10%). Parameter lain adalah Staff with PhD  (5%), Inbound Exchange Students (2.5%), International Faculty (2.5%), International Student (2.5%)  dan Outbond Exchange Students (2.5%). (uch)

Sumber : Humas UI

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Keren! Mahasiswa UGM Ini Raih Emas di Ajang ASEAN Para Games 2017

Laura Aurelia Dinda, mahasiswa Fakultas Psikologi UGM) berhasil menyumbangkan emas dari cabang olahraga renang dalam ASEAN Para Games 2017

Close