Wakil Rektor 1 UM: ‘Gagal Lolos SNMPTN Karena Mantan Pacar, Bisa Saja!’

Infokampus.news, Malang – Ditemui dalam sosialisasi yang dihelat di area kampus, Wakil Rektor 1 Universitas Negeri Malang (UM) Prof. Dr. Hariyono, M.Pd menyampaikan salah satu pesannya untuk adik-adik para peserta Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN). Salah satu pesan yang ia sampaikan adalah jangan sampai password akun SNMPTN diketahui siapapun termasuk mantan pacar.

“Password jangan diketahui banyak pihak, termasuk pacarnya ya,” paparnya.

Ia mengatakan hal ini bukanlah lelucon belaka, karena ada sebuah kasus dimana seorang siswa gagal lolos seleksi SNMPTN karena akun miliknya telah diubah data-datanya.

“Sapa tahu nanti putus, lalu diutek-utek sama si mantan karena masih kesal. Ahirnya tidak lolos, ini benar terjadi lo ya bukan dongeng semata,” tegasnya.

Data Diubah, Tidak Sesuai Dengan Jurusan Yang Dikehendaki Si Peserta

Setelah terjadi ketidaklolosan peserta, dengan berat hati siswa tersebut tidak sengaja mengecek kembali akun dan kartu tanda peserta SNMPTN yang ia miliki, ternyata data yang ada pada akun dan kartu berbeda dengan apa yang ia inginkan dan sudah daftarkan sebelumnya.

“Tidak diterima karena data yang diberikan tidak sesuai dengan yang dia harapkan yang mana tentunya dengan berbagai pertimbangan akademis ya, kan kasian,” tuturnya.

Ia menambahkan, penyampaikan fakta di lapangan ini bukan ilusi semata namun realita yang terjadi. Karenanya, dalam mengikuti ujian maupun seleksi, hendaknya mereka selalu menjaga privasi dengan sangat baik maupun orang tersebut adalah orang tua, saudara, sahabat bahkan pacar. (pus)

Berita Terkait

  • Dalam pelaksanaan kegiatan sosialisasi SNMPTN 2017 yang digelar Universitas Negeri Malang (UM) beberapa waktu silam, wakil Dekan FIP sekaligus ketua pelaksana acara ini memberikan dukungannya.
  • UNAIR melakukan kerjasama dengan Kancab Dinas Pendidikan Kabupaten Tuban untuk melaksanakan sosialisasi SNMPTN-SBMPTN.
  • Infokampus.news - Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2017 dipastikan tidak akan menggunakan nilai Ujian Nasional (UN) sebagai bahan seleksi. Kepastian ini muncul karena jadwal seleksi SNMPTN 2017 berlangsung sebelum UN SMA/SMK berlangsung. “Nilai Ujian Nasional memang tidak berpengaruh pada SNMPTN karena proses seleksinya selesai sebelum pengumuman Ujian Nasional,” ujar Direktur Direktorat Pendidikan dan Pengajaran UGM, Sri Peni Wastutiningsih. Rangkaian kegiatan SNMPTN tahun ini telah dimulai pada 14 Januari dengan…

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Wakil Dekan UM, ‘Jangan Khawatir, Jurusan Favorit di SNMPTN 2017 Tidak Menentukan Masa Depan’

Dalam pelaksanaan kegiatan sosialisasi SNMPTN 2017 yang digelar Universitas Negeri Malang (UM) beberapa waktu silam, wakil Dekan FIP sekaligus ketua...

Close