Wujudkan Impian Ibu, Wisudawan Unsoed Raih Gelar Sarjana Kedokteran IPK 3,92

INFOKAMPUS.NEWS – Ada yang unik pada proses wisuda ke -136 Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto Jawa Tengah (20/3/2020). Marhamdani, salah satu wisudawan terbaik.

Pria berusia 22 tahun ini meraih predikat cumlaude dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) nyaris sempurna yakni 3,92. Perjuangan Marham, sapaan akrabnya menyelesaikan pendidikan di Fakultas Kedokteran Unsoed tidaklah mudah. Karena di awal ia sempat merasa tidak pede, khawatir dengan biaya mahal yang harus di keluarkan.

Berkat dorongan gurunya semasa SMA, anak dari pasangan Sumadi dan (Alm) Ismiranti ini membulatkan tekad masuk Fakultas kedokteran. yah benar saja, dia mampu menyelesaikan studi dalam waktu 3,5 tahun.

“Meski ada beasiswa, awalnya saya ragu untuk mengambil kedokteran, saya sempat terpikir untuk mengambil teknik. ragu saya karena khawatir tetap membutuhkan biaya,”

Marham mengungkapkan, sosok almarhumah ibunya menjadi salah satu motivasi terbesar untuk menjadi seorang dokter.

“Ibu saya sakit cukup lama, ibu bilang ingin saya jadi dokter supaya bisa membantu orang yang membutuhkan.” tuturnya lebih lanjut.

Anak buruh tani ini lalu menceritakan bagaimana ia menempuh pendidikan selama 3,5 tahun tersebut. Setiap hari, Marham mengayu sepeda dari kos menuju kampus. di kalangan teman seangkatannya, Marham dikenal sederhana dan cerdas. dia juga ringan tangan memberikan bantuan bagi teman yang membutuhkan penjelasan materi kuliah.

“Saya sama sekali tidak memiliki kesulitan untuk berproses bersama teman teman saya, terutama teman-teman seangkatan karena semua saling mendukung,” tutur Marham.

Marham menceritakan, harus pandai mengatur uang dari beasiswa bidikmisi sebanyak Rp 700.000 per bulan. Separuh uang beasiswa digunakan untuk membayar kos, sedangkan sisanya digunakan untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari.

Marham mengaku tak mengandalkan kiriman uang dari orangtuanya. Sebab, besaran kiriman uang dari orangtuanya tergantung dari masa panen lahan orang yang digarap. (Edt)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.