Yuk, Bersiap Jadi Mahasiswa Baru!

Berbagai seleksi masuk perguruan tinggi negeri maupun swasta sudah usai digelar. Hanya tinggal hitungan bulan, jutaan alumni SMA dan sederajat pun akan segera berganti status sebagai mahasiswa baru.

Jika kamu termasuk salah satu calon mahasiswa baru, maka sebaiknya bersiap sejak sekarang. Daftar ini akan membantumu

Visi

Sebelum mulai kuliah, coba tetapkan visi. Apa yang ingin kamu dapatkan selama kuliah? Apa yang akan dilakukan dengan gelar sarjana setelah lulus? Menetapkan visi sejak awal akan membantumu menentukan prioritas dan memilih kegiatan di luar perkuliahan.

Target

Jabarkan visi tersebut dalam berbagai target jangka menengah dan pendek. Misalnya, kamu ingin lulus cumlaude. Kamu bisa menetapkan target meraih indeks prestasi kumulatif (IPK) di atas 3,5 setiap semester agar bisa memaksimalkan jatah SKS yang bisa diambil. Kemudian, jika visimu adalah langsung meneruskan studi pascasarjana, kamu bisa menetapkan target tambahan seperti berprestasi di bidang akademis maupun nonkurikuler sebagai bekal lamaran beasiswa.

Cara belajar

Belajar di perguruan tinggi harus lebih serius daripada saat di sekolah. Kamu pun perlu terus mengembangkan diri dan mengeksplorasi cara belajar apa yang paling ideal, efektif dan efisien. Dengan begitu, kamu bisa memaksimalkan potensi akademis.

Pola hidup

Kuliah jauh dari rumah mendorong mahasiswa hidup bebas. Meski demikian, tetapkan aturan untuk diri sendiri. Misalnya, tidak bergadang setiap malam atau menyelesaikan tugas tepat waktu. Di sisi lain, pastikan kamu juga menjalani kebiasaan baik selama kuliah, seperti makan makanan sehat, rajin berolahraga dan rutin belajar.

Terus kunjungi Infokampus.news ya Sobat Fokus karena ada tips menarik untuk kamu yang akan jadi mahasiswa baru. Kalau Sobat Fokus punya tips lain boleh lho dishare di kolom komentar.  Selamat kuliah! (FA)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

6 Aplikasi Aplikasi Anti Macet Ini Harus Menemani Lebaranmu!

Kemacetan merupakan salah satu kendala terbesar saat momen lebaran, padahal kita akan dinantikan untuk melakukan silaturahmi k

Close