Yuk, Cari Tahu Jurus Desain dan Bisnis Board Game dalam “Workshop Boardgame” STIKI Malang

INFOKAMPUS.NEWS – Pasar game memang cukup menjanjikan baik di Indonesia maupun dunia. Namun meskipun pasarnya cukup besar dan menjanjikan, memulai bisnis game juga memerlukan teknik dan juga trik tersendiri.

Adhicipta R. Wirawan, pemateri dalam acara “Workshop Boardgame” yang digelar di ruang seminar gedung A STIKI Malang siang ini (10/12) menceritakan petualangannya dalam bisnis game yang ia geluti saat ini.

Workshop Board Games STIKI Malang

“Dalam bisnis game itu kalian harus fokus di salah satu kalian mau jadi designer atau jadi publisher , tapi kalau misal mau jadi publisher dan designer sekaligus juga tidak apa-apa sih tapi ya harus siap dengan konsekuensinya,” Ungkapnya.

Jika menjadi designer, seseorang harus siap untuk belajar dan menangani berbagai kendala yang mungkin muncul dalam game itu sendiri. Disisi lain jika menjadi publisher, harus siap malang melintang dan menyiapkan strategi tersendiri untuk menghadapi kerasnya dunia marketing game. Memilih menjadi seorang desainer sekaligus publisher untuk game buatan sendiri terntu memerlukan effort yang sangat besar.

Untuk itu Adhicipta dan James Tomasow mengupas tuntas materi pembuatan board games hingga penjualannya bagi para mahasiswa di Kota Malang yang ingin mengembangkan diri di bidang ini. STIKI Malang sendiri juga terus berusaha untuk mensupport creative entrepreneur, khususnya di bidang game dan animasi seperti ini karena luasnya pasar dan peluang game saat ini dan masa yang akan datang. (Hum/Rfl)

Baca Juga :  7 Peluang Kerja Teknik Nuklir yang Perlu Diketahui!

Leave a Reply

Your email address will not be published.