Yuk Simak Informasi Beasiswa Difabel Dari Kemenristekdikti

Infokampus.news – Pemerintah terus berkomitmen untuk fokus meningkatkan pembangunan sumberdaya manusia melalui berbagai upaya cerdas. pemerintah wajib menyediakan biaya pendidikan untuk penyandang disabilitas.  Berdasarkan UU nomor 8 tahun 2016, penyandang disabilitas atau difabel berhak mendapatkan pendidikan yang bermutu pada satuan pendidikan di semua jenis, jalur dan jenjang pendidikan secara inklusif dan khusus.

Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) melalui Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Ditjen Belmawa) merupakan salah satu skema beasiswa yang disediakan agar lebih banyak lagi mahasiswa difabel yang dapat mengakses dan menerima manfaat sebesar-besarnya.

Fokus Beasiswa difabel adalah mahasiswa yang memiliki keterbatasan atau berkebutuhan khusus untuk melanjutkan studi di perguruan tinggi. melalui skema beasiswa difabel, pemerintah telah mengalokasikan kuota khusus bantuan biaya pendidikan bagi mahasiswa difabel yang masuk perguruan tinggi melalui semua jalur yang ditetapkan.

Penerima Beasiswa difabel adalah siswa SMA atau sederajat yang akan lulus pada tahun berjalan atau lulus satu tahun sebelumnya, merupakan penyandang disabilitas yang memiliki potensi akademik baik. untuk kriteria penyandang disabilitas yaitu mahasiswa yang memiliki keterbatasan fisik, intelektual, mental, sensorik, dan yang memiliki potensi kecerdasan dan bakat istimewa.

Calon penerima beasiswa wajib terdaftar pada sistem bidikmisi dengan memasukan NSPN dan NISN yang valid dan diusulkan oleh perguruan tinggi. menyertakan surat keterangan dari lembaga / profesi yang dinyatakan memiliki kompetensi dalam melakukan penilaian bagi mahasiswa berkebutuhan khusus antara lain gangguan penglihatan oleh dokter mata, gangguan pendengaran oleh dokter THT, gangguan komunikasi, sosial, emosi dan intelegnsi oleh psikiater, gangguan gerak oleh ahli ortopedi, ahli pendidikan khusus.

Adapun penerima beasiswa difabel akan mendapatkan pembebasan biaya pendidikan yang dibayarkan ke perguruan tinggi serta subsidi biaya hidup sebesar Rp 1.000.000,- per-bulan.

Jangka waktu penerima beasiswa untuk program D1 maksimal 2 semester, D2 maksimal 4 semester, D3 maksimal 6 semester, D4 maksimal 8 semester. program profesi dokter maksimal 4 semester, dokter gigi maksimal 4 semester, dokter hewan maksimal 4 semester, ners maksimal 2 semester. apoteker maksimal 2 semester, serta guru maksimal 2 semester.

Mahasiswa difabel yang telah lulus seleksi masuk perguruan tinggi dapat mengajukan Beasiswa Difabel ke perguruan tinggi masing-masing. Pendaftaran Beasiswa Difabel dilakukan melalui usulan perguruan tinggi sesuai jumlah kuota yang ditetapkan oleh Ditjen Belmawa dan diproses selanjutnya melalui sistem beasiswa afirmasi pendidikan tinggi di laman   (https://adik.ristekdikti.go.id/).

TAHAPAN PENDAFTARAN

1. Setelah diterima lulus seleksi penerimaan mahasiswa baru,
calon penerima mendaftar ke perguruan tinggi untuk
direkomendasikan.

2. Perguruan tinggi akan melakukan seleksi kelayakan dan
verifikasi dokumen pendukung sesuai aturan yang
ditetapkan.

3. Perguruan tinggi mengusulkan penerima Beasiswa Difabel
ke Ditjen Belmawa untuk dilakukan verifikasi kuota yang
tersedia.

4. Ditjen Belmawa menyampaikan nama-nama penerima
beasiswa ke perguruan tinggi.

5. Perguruan tinggi memasukan nama mahasiswa penerima ke
sistem online di Belmawa.

Untuk informasi lebih lanjut silahkan kunjungi situs wes belmawa.ristekdikti.go.id, selamat mencoba! (Jul)

Berita Terkait

  • Infokampus.news - Satu lagi beasiswa kuliah S1 untuk lulusan SMA/SMK sederajat. Universitas Esa Unggul merupakan salah satu perguruan tinggi swasta terkemuka di Indonesia. saat ini menawarkan empat skema beasiswa bagi calon mahasiswa baru. Peserta dapat memilih untuk mengikuti Beasiswa Unggulan 100%, beasiswa prestasi, beasiswa Indonesia Timur, atau Beasiswa bidikmisi. berikut informasi selengkapnya mengenai beasiswa Universitas Esa Unggul Jakarta. Adapun tiga pilar keunggulan Universitas Esa Unggul adalah kewirausahaan, teknologi informasi, dan…
  • Infokampus.news - Bagi kamu yang sedang mencari beasiswa S2 Agama dan Lintas Budaya, saat ini Sekolah Pascasarjana Lintas Disiplin, Universitas Gadjah Mada menawarkan Program BEasiswa SPP/UKT Tahun ajaran 2019/2020. Beasiswa ini ditawarkan bagi lulusan S1 PTN atau PTS dengan preferensi pada lulusan PErguruan Tinggi Kristen, Katolik, Hindu, Buddha, Konghucu dan PT umum. Beasiswa ditawarkan untuk studi S2 (Master Degree) pada Program Studi Agama dan Lintas Budaya (ALB) atau dikenal dengan…
  • Infokampus.news - Politeknik Keuangan Negara STAN (PKN STAN) saat ini menerima putra-putri Warga Negara Indonesia untuk mengikuti pendidikan pada PKN STAN tahun 2019, PKN STAN merupakan pendidikan tinggi kedinasan di bawah Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan, Kementerian Keuangan Repulbik Indonesia. Perlu diketahui mahasiswa PKN STAN tidak dipungut biaya perkuliahan selama mengikuti pendidikan. selain itu lulusan spesialiasi D1 dan D3 PKN STAN dapat diangkat menjadi CPNS di lingkungan Kementerian Keuangan atau…

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Read previous post:
compressor dalam daw
Melalui Workshop, STIKI Beri Edukasi Penggunaan Compressor dalam DAW

Infokampus.news, Malang - Pada Hari Jum'at tanggal 10 Mei 2019 Sekolah Tinggi Informatika dan Komputer Indonesia (STIKI) Malang mengadakan workshop

Close